Lagi-lagi! Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik

radarutama.com – Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa Korea Utara (Korut) kembali menembakkan ” rudal balistik yang tak teridentifikasi” pada hari Jumat (28/10). Ini merupakan peluncuran terbaru dari rentetan uji coba senjata yang dilakukan Korut, seiring Korsel mengingatkan bahwa Kim Jong Un mungkin akan segera melakukan uji coba nuklir lagi.

“Korea Utara menembakkan rudal balistik yang tidak teridentifikasi ke arah Laut Timur,” kata Kepala Staf Gabungan Seoul, merujuk pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (28/10/2022).

Sebelumnya pada hari Selasa (25/10), Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan Korea Utara siap untuk kembali melakukan uji coba nuklir, yang akan menjadi uji coba nuklir yang ketujuh.

“Tampaknya mereka telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir ketujuh,” katanya kepada parlemen Korsel.

Amerika Serikat (AS) bersama Jepang dan Korea Selatan telah melontarkan peringatan terbaru untuk Korea Utara. Ketiga negara itu menegaskan bahwa uji coba nuklir terbaru Korut akan menjamin adanya ‘respons keras yang belum pernah ada sebelumnya’.

Seperti dilansir AFP, peringatan itu disampaikan setelah para Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) dari ketiga negara yang bersekutu itu menggelar pembicaraan di Tokyo. Ditegaskan ketiga Wakil Menlu bahwa negara mereka akan meningkatkan pencegahan di kawasan tersebut.

“Kami sepakat untuk semakin memperkuat kerja sama … agar Korea Utara bisa segera menghentikan aktivitas-aktivitas ilegalnya dan kembali pada perundingan denuklirisasi,” tegas Wakil Menlu Korsel Co Hyun-Dong dalam pernyataannya.

“Ketiga negara menyepakati soal perlunya respons kuat yang belum pernah ada sebelumnya jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir ketujuhnya,” ucapnya.

Seoul dan Washington berulang kali memperingatkan bahwa Pyongyang diprediksi segera menggelar uji coba nuklir untuk pertama kali sejak tahun 2017 lalu, usai rentetan peluncuran rudal balistik.

Bulan lalu, Korut menembakkan sebuah rudal hingga melewati wilayah perairan Jepang. Secara terpisah, Pyongyang juga mengklaim melakukan latihan nuklir taktis.

“Semua perilaku ini sembrono dan sangat memicu destabilisasi,” sebut Wakil Menlu AS Wendy Sherman, sembari menyerukan Korut untuk ‘menahan diri dari provokasi lebih lanjut’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *