Lebar Gang di Tragedi Halloween Itaewon Cuma 4 Meter, Mobil Saja Susah Masuk

radarutama.com – mengungkapkan, lebar gang Itaewon di lokasi tragedi Halloween Korea hanya empat meter, bahkan mobil sedan pun susah masuk.

Sementara itu media-media Korea Selatan melaporkan, massa mulai merangsek masuk setelah ada seorang “selebriti” muncul di sebuah tempat sekitar gang.

Dikatakan bahwa 100.000 orang memadati gang sempit di Itaewon untuk merayakan pesta Halloween pertama di Korsel sejak pandemi Covid-19.

Menurut laporan media Korsel yang dilansir Hindustan Times, keadaan darurat pertama dilaporkan pada Sabtu (29/10/2022) sekitar pukul 22.22 waktu setempat.

Ratusan orang saat itu berkumpul di gang sempit Itaewon dekat Hotel Hamilton.

Jumlah massa semakin melonjak setelah beberapa orang keluar dari hotel dan datang dari stasiun kereta bawah tanah Itaewon.

Orang-orang lalu saling dorong, beberapa jatuh dan tertindih yang lain. Ada yang mengalami sesak napas dan henti jantung.

Ambulans kesulitan menjangkau lokasi karena padatnya massa, kemudian polisi naik ke atap mobil untuk memerintahkan massa memberi jalan bagi ambulans dan meninggalkan lokasi.

Oleh karena ambulans tak kunjung mencapai lokasi, tenaga medis darurat dibantu warga sekitar yang sedang melintas melakukan CPR kepada para korban.

“Jumlah korban yang tinggi akibat dari banyak orang terinjak-injak selama acara Halloween,” kata petugas pemadam kebakaran Choi Seong-beom kepada wartawan di tempat kejadian pada Minggu pagi, menambahkan bahwa jumlah korban tewas bisa bertambah.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun tv lokal YTN, Lee Beom-suk sebagai dokter yang memberikan pertolongan pertama kepada para korban menggambarkan kekacauan di tragedi Halloween Itaewon .

“Ketika saya kali pertama mencoba CPR, ada dua korban tergeletak di trotoar. Tapi jumlahnya langsung melonjak setelah itu, melebihi jumlah responden pertama di tempat kejadian,” kata Lee, dikutip dari kantor berita AFP.

“Banyak orang di sekitar datang untuk membantu kami dengan CPR.”

“Sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata,” tambahnya. “Begitu banyak wajah korban pucat. Saya tidak bisa menemukan denyut nadi atau napas mereka dan banyak dari hidungnya berdarah. Ketika saya mencoba CPR, saya juga memompa darah keluar dari mulut mereka.”

Foto-foto AFP dari lokasi tragedi Halloween Itaewon menunjukkan sejumlah jenazah tersebar di trotoar ditutupi kain, dan pekerja darurat mengenakan rompi oranye mengangkut lebih banyak mayat dengan tandu ke dalam ambulans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *