radarutama.com – Lonceng gereja berbunyi di seluruh Inggris pada Jumat (9/9/2022) ketika Raja Charles III bersiap untuk berbicara kepada rakyatnya yang berkabung.

Hari itu adalah hari penuh pertama pemerintahan barunya setelah kematian ibu Charles, Ratu Elizabeth II.

Charles (73)–raja tertua yang naik takhta–menuju London dari perkebunan Balmoral di Skotlandia, lokasi Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022).

Dia akan membuat pidato televisi pertamanya sebagai raja pada pukul 18.00 sore waktu setempat, kemudian secara resmi diproklamirkan sebagai raja kepada publik jam 11.00 Sabtu (10/9/2022) siang.

Lonceng gereja dibunyikan di seluruh Inggris pada Jumat tengah hari untuk menghormati Ratu Elizabeth II (96) tahun yang meninggal dengan damai setelah setahun sakit.

Ia memerintah selama 70 tahun dan memecahkan rekor. Masa kekuasaannya dilalui dengan stabil.

“Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan dikuatkan oleh kenangan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana ratu dikenal secara luas,” kata Charles dikutip dari kantor berita AFP.

Istana Buckingham mengatakan, raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan menjalani masa berkabung dari sekarang hingga tujuh hari setelah pemakaman Ratu Elizabeth II.

Tanggal pemakaman yang akan dihadiri oleh para kepala negara dan pemerintahan itu belum diumumkan secara resmi, tetapi diperkirakan pada Senin (19/9/2022).

Raja Charles III yang tersenyum berjabat tangan dengan beberapa dari ribuan pendukung yang berkumpul di luar Istana Buckingham pada Jumat (9/9/2022) ketika ia kembali ke London.

Seraya meneriakkan “God Save the King” diiringi hentakan lagu kebangsaan yang ditulis ulang, masyarakat Inggris menyambut Charles dan Permaisuri Camilla setelah mereka keluar mobil usai penerbangan dari Skotlandia.

Charles dan Camilla lalu melihat-lihat karangan bunga yang diletakkan di pagar istana oleh masyarakat, kemudian memasuki kediaman baru mereka di London.

Keduanya menemani Ratu Elizabeth II pada saat-saat terakhir di perkebunan Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia sebelum kematiannya.

Raja Charles III juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Liz Truss yang baru diangkat oleh ratu pada Selasa (6/9.2022).