radarutama.com – Pemerintah Pakistan pada Kamis (8/9) menyetujui pendanaan sebesar 3 miliar rupee atau setara 13,36 juta dolar AS untuk warga yang terdampak banjir di negara Asia Selatan tersebut.

Kementerian Keuangan Pakistan mengatakan bahwa dalam pertemuan Komite Koordinasi Ekonomi (Economic Coordination Committee/ECC) kabinet, diputuskan bahwa pemerintah akan memberikan dana tersebut kepada Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional (National Disaster Management Authority/NDMA) untuk memfasilitasi suplai bantuan, operasi penyelamatan, dan rehabilitasi bagi warga yang terdampak banjir.

Pemerintah Pakistan juga akan menyediakan dana sebesar 540 juta rupee bagi toko-toko utilitas di area-area yang dilanda banjir untuk memastikan kelancaran suplai komoditas esensial bagi warga yang terdampak.

Kantor berita nasional Associated Press of Pakistan melaporkan bahwa toko-toko utilitas telah aktif berpartisipasi dalam operasi bantuan untuk memasok bahan makanan esensial di area-area yang terdampak banjir dalam kerja sama dengan pemerintah provinsi.

Akibat situasi darurat dan berdasarkan penilaian kebutuhan awal, 113.700 kantong ransum senilai 540 juta rupee akan disalurkan kepada keluarga-keluarga yang terdampak banjir, menurut laporan itu.