radarutama.com – Dua pelangi sempat muncul di luar Istana Buckingham, London, Inggris saat ratusan warga berkumpul untuk berkabung atas wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) waktu setempat. Salah satu pelangi muncul di langit London tepatnya sesaat sebelum Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), ratusan orang berkumpul di luar Istana Buckingham , tepatnya di depan pintu gerbang, meskipun hujan mengguyur setelah dokter Kerajaan Inggris mengumumkan Ratu Elizabeth II berada di bawah pengawasan medis di Balmoral, kediamannya di Skotlandia.

Laporan jurnalis AFP di lokasi menyebut sebuah pelangi terpantau muncul sebentar di langit Inggris pada Kamis (8/9) seolah ingin mencerahkan situasi, namun situasinya berubah menjadi kelam ketika kabar wafatnya Ratu Elizabeth II diumumkan sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Jurnalis AFP melaporkan bahwa warga yang berkumpul menangis dan berteriak ‘Oh tidak’ pada saat itu.

Beberapa orang tak kuasa menahan air mata ketika bendera Union Jack dikibarkan setengah tiang di kediaman Ratu Elizabeth II di London itu. Keheningan kemudian menyelimuti kerumunan orang yang berkumpul di luar Istana Buckingham.

Pada momen itu, sebut AFP, sebuah pelangi lainnya kembali muncul di langit, tepatnya ketika bendera nasional Inggris dikibarkan setengah tiang di Windsor Castle.

Kabar wafatnya Ratu Elizabeth II dalam usia 96 tahun memicu duka tak hanya di seluruh Inggris, tapi juga di seluruh dunia. Ratu Elizabeth II meninggal dunia setelah bertakhta selama 70 tahun sejak menggantikan ayahnya, mendiang Raja Goerge VI tahun 1952 silam.

Ratu Elizabeth II dilaporkan menderita masalah kesehatan sejak Oktober lalu, yang membuat beliau sedikit kesulitan untuk berjalan dan berdiri.

“Beliau adalah ibu dari bangsa kita. Beliau heroik dalam banyak situasi. Rasa hormat saya padanya luar biasa, tapi cinta saya lebih besar. Kami akan berduka selama bertahun-tahun,” ucap salah satu warga Inggris, Suzan Antonowicz, yang membandingkan wafatnya Ratu Elizabeth II dengan kehilangan anggota keluarga.