radarutama.com – Kerajaan Inggris kini tengah berduka setelah kepulangan Ratu Elizabeth II .

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 pukul 16.00 waktu Inggris.

Ratu Elizabeth, ratu terlama di Inggris dan tokoh utama negara itu meninggal pada usia 96 tahun.

Kabar duka tersebut juga disampaikan oleh putra sulungnya Charles , dan mengatakan bahwa ini merupakan kesedihan terbesar.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata raja baru, putra sulungnya Charles sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ratu Elizabeth II merupakan ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat di Inggris dan ketua dari 54 anggota negara-negara persemakmuran.

Untuk lebih lengkapnya, berikut garis waktu kehidupan dan pemerintahan Ratu Elizabeth II .

– 21 April 1926 – Elizabeth lahir pukul 2.40 pagi di 17 Bruton Street, London, dan dibaptis pada 29 Mei tahun itu di kapel pribadi di Istana Buckingham.

– 11 Desember 1936

Dia menjadi pewaris, berusia 10 tahun, ketika pamannya Edward VIII turun tahta dan ayahnya menjadi Raja George VI.

– 20 November 1947

Dia menikah dengan letnan angkatan laut Philip Mountbatten, seorang Pangeran Yunani, di Westminster Abbey London. Mereka memiliki empat anak: Pangeran Charles (lahir tahun 1948), Putri Anne, (1950), Pangeran Andrew (1960) dan Pangeran Edward (1964).

– Februari 1952

Putri Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip, melakukan tur ke Afrika dan Asia menggantikan ayahnya yang sakit, Raja George VI.

Berita kematian raja sampai padanya di Kenya pada 6 Februari, yang berarti dia adalah penguasa pertama dalam lebih dari 200 tahun yang naik tahta saat berada di luar negeri.

– 2 Juni 1953

Ratu Elizabeth dimahkotai di Westminster Abbey dalam layanan penobatan televisi pertama.

24 November 1953

Tur Persemakmuran pertama Ratu dimulai dengan menempuh jarak 43.618 mil.

– 1970

Selama kunjungan ke Selandia Baru, ratu memperkenalkan “walkabout”, taktik bertemu orang untuk tur kerajaan.

– 1977

Ratu menandai Jubilee Perak, 25 tahun sebagai raja dengan tur ke negara-negara Persemakmuran dan perayaan mewah di Inggris.

– 1981

Pangeran Charles menikahi Lady Diana Spencer dalam upacara yang berkilauan.

– 1982

Anak pertama Charles dan Diana, Pangeran William, lahir pada 21 Juni. Pangeran Harry lahir dua tahun kemudian.

– 1986

Pangeran Andrew menikahi eksekutif penerbitan yang bersemangat tinggi Sarah Ferguson, yang dikenal sebagai “Fergie”. Pasangan itu menjadi Duke dan Duchess of York.

– 1991

Ratu berkeliling Amerika Serikat dan menjadi raja pertama yang berpidato di Kongres.

– 1992

Tahun 40-nya di atas takhta, yang dia sebut ‘annus horribilis’ (tahun yang mengerikan), ditandai dengan gangguan perkawinan dan perbedaan pendapat publik.

– Andrew dan Sarah terpisah. Anne menceraikan Mark Phillips.

– Pada bulan November, Kastil Windsor rusak parah akibat kebakaran. Ratu setuju untuk membayar pajak penghasilan.

– Pada bulan Desember, Charles dan Diana mengumumkan perpisahan mereka.

– 1995

Pada bulan Maret, ratu membuat pidato pertama oleh seorang raja Inggris ke parlemen Afrika Selatan sejak 1947.

– Pada bulan Desember, Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa ratu telah menulis surat kepada Charles dan Diana yang mendesak mereka untuk bercerai.

– 1996, pada bulan Agustus, Charles dan Diana bercerai.

– 1997, Pada 31 Agustus, Diana dan teman jutawannya Dodi al-Fayed terbunuh ketika mobil mereka menabrak saat dikejar melalui Paris oleh fotografer dengan sepeda motor. Ratu dan keluarga kerajaan dikritik karena tanggapan mereka yang pendiam.

– Pada November, banyak orang menyambut ratu dan Philip saat mereka menandai ulang tahun pernikahan emas mereka.

Dalam pidato yang luar biasa jujur, ratu mengakui bahwa monarki bertahan hanya melalui dukungan publik.

– 9 Februari 2002

Adik ratu, Putri Margaret, meninggal pada usia 71 tahun setelah menjalani kehidupan yang glamor dan patah hati.

– 30 Maret, Ratu Elizabeth, Ibu Suri, meninggal di Kastil Windsor pada usia 101 tahun.

– 1-4 Juni, empat hari perayaan nasional menandai Yubileum Emas sang ratu.

– 2005, Putra dan pewaris Pangeran Charles menikahi Camilla Parker Bowles pada upacara sipil di Windsor.

– 29 April 2011, ratu menghadiri pernikahan cucunya Pangeran William dan Kate Middleton.

– Mei, Ratu melakukan kunjungan kenegaraan empat hari ke Irlandia, yang pertama oleh raja Inggris sejak Irlandia memenangkan kemerdekaannya dari London pada tahun 1921.

– 2012, Yubileum berlian untuk menandai tahun ke-60 di atas takhta melihat empat hari perayaan di bulan Juni bersama dengan tur nasional. Satu juta orang berkumpul untuk kontes di Sungai Thames, dan jutaan lainnya menghadiri pesta jalanan.

– 2013, Istri Pangeran William, Kate, melahirkan putra Pangeran George. Anak kedua mereka, Putri Charlotte lahir pada tahun 2015 dan adik laki-laki mereka Pangeran Louis lahir pada tahun 2018.

– 23-26 Juni 2014 sang ratu memulai kunjungan kenegaraan terakhirnya ke Jerman.

– Pada 9 September, sekitar pukul 17.30 Waktu Inggris, Elizabeth menjadi ratu yang paling lama memerintah di negara itu, menyalip nenek buyutnya, Ratu Victoria.

– 21 April 2016, Elizabeth merayakan ulang tahunnya yang ke-90, raja Inggris pertama yang mencapai tonggak sejarah tersebut.

– 2 Agustus 2017, Suami Philip mengundurkan diri dari kehidupan publik setelah 65 tahun mendukung istrinya.

– 20 November, Elizabeth dan Philip merayakan ulang tahun pernikahan ke-70 mereka dengan pesta pribadi di Kastil Windsor.

– 2018, Cucu ratu Pangeran Harry menikahi Meghan Markle, aktris AS yang bercerai dari Los Angeles, di pernikahan bertabur bintang di Kastil Windsor

– Oktober, 2019, Perselisihan keluarga antara William dan Harry menjadi publik, dengan pangeran yang lebih muda mengkonfirmasi rumor keretakan.

– 15 November, Pangeran Andrew memberikan wawancara bencana kepada BBC TV dalam upaya untuk menarik garis di bawah skandal seks.

Beberapa hari kemudian dia dipaksa untuk mundur dari tugas kerajaan karena hubungannya dengan pemodal AS yang dipermalukan Jeffrey Epstein, yang dipenjara pada 2008 karena pelanggaran seks anak.

– Januari 2020, Harry dan Meghan mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja. Mereka pindah ke Los Angeles pada bulan Maret.

– 5 April, Ratu hanya membuat siaran televisi khusus kelima dari masa pemerintahannya untuk menggalang bangsa di tengah wabah Covid-19.

– 9 April 2021, Pangeran Philip, suami ratu selama 73 tahun, meninggal dengan tenang di usia 99 tahun di Kastil Windsor.

– 20 Oktober, Ratu menghabiskan malam di rumah sakit untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun untuk apa yang disebut Istana Buckingham sebagai “penyelidikan awal”.

– 30 November, Barbados menjadi republik, artinya ratu sekarang menjadi kepala negara dari hanya 15 kerajaan.

– 13 Januari 2022, Istana Buckingham mengatakan Pangeran Andrew telah dilucuti dari hubungan militer dan perlindungan kerajaan dan tidak akan lagi dikenal sebagai “Yang Mulia” saat ia membela gugatan AS yang diajukan oleh Virginia Giuffre yang mengatakan kerajaan melecehkannya secara seksual ketika dia masih remaja.

– 6 Februari, Ratu menandai tahun ke-70 di atas takhta, menggunakan kesempatan itu untuk memberikan restunya kepada istri kedua Charles , Camilla, yang disebut Permaisuri ketika dia menjadi raja.

– 15 Februari, Pangeran Andrew membayar jumlah yang tidak diungkapkan untuk menyelesaikan gugatan AS, tetapi mengakui tidak melakukan kesalahan.

– 20 Februari, Ratu dinyatakan positif Covid-19 dan dikatakan menderita gejala seperti pilek ringan. Dia segera kembali ke tugas resmi.***

Itulah rangkuman kehidupan mendiang Ratu Elizabeth dan keluarganya semasa hidupnya.***