radarutama.comPangeran Charles III (73) resmi menjabat sebagai raja setelah kepergian Ratu Elizabeth II. Raja Charles III memberikan penghormatan kepada ibunya Ratu Elizabeth II atas pengabdiannya kepada keluarga dan kepada orang-orang yang diperintahinya.

Hal tersebut dia sampaikan di dalam pidatonya kepada bangsa di Istana Buckingham pada Jumat, 9 September 2022.

“Di mana pun Anda tinggal, di Inggris, atau di alam dan wilayah di seluruh dunia, dan apapun latar belakang atau kepercayaan Anda, saya akan berusaha melayani Anda dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta, seperti yang saya lakukan sepanjang hidup saya.” ujarnya.

Charles menambahkan jika perkataannya lebih dari sebuah janji, namun ia juga berkomitmen seluruh hidupnya. Dia juga merefleksikan ibunya yang selalu berkorban demi tugasnya.

Charles merefleksikan janji ibunya yang dia buat pada tahun 1947 pada usia 21 tahun dimana Ratu Elizabeth II berjanji untuk mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyatnya. Janji tersebut menjadi sebuah sumpah yang dia janjikan untuk ditiru sepanjang waktu.

Tidak hanya itu, Charles juga mengungkapkan ekspresi cinta untuk putra bungsu Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle yang sebelumnya keluar dari kerajaan beserta perannya sejak dua tahun yang lalu.

Pangeran Harry sebelumnya berkumpul bersama anggota keluarga kerajaan lainnya di Istana Balmoral. Sedangkan, istrinya, Meghan Markle tidak ikut menemani Harry ke Balmoral ketika para keluarga kerajaan berkumpul.

Dalam pidatornya Charles mengisyaratkan keinginannya untuk mendamaikan hubungan Harry dan sang istri dengan kerajaan.

“Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya kepada Harry dan Meghan karena mereka terus membangunkan kehidupan mereka di luar negeri.” kata Charles.

Diketahui bahwa Pangeran Haryy dan Meghan Markle mundur dari anggota senior keluarga kerajaan Inggris dengan alasan ingin mandiri secara finansial, akan tetapi masih mendukung kebijakan Ratu Elizabeth II.

Dalam pidato Charles juga mengatakan tanggung jawab baru sebagai Raja akan mengubah dirinya dan juga keluarganya.

Charles mengatakan mempercayai istrinya untuk dapat menjalankan peran barunya sebagai permaisuri. Charles mengaku mengandalkan istrinya menjalani peran ini.

“Sebagai pengakuan atas pelayanan publiknya yang setia sejak pernikahan kami 17 tahun yang lalu, dia menjadi permaisuri saya. Saya tahu dia akan membawa tuntutan peran barunya pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan.” ucapnya dalam pidato menjadikan istrinya, Camilla sebagai permaisuri. (Ginna Vadhya)***