radarutama.com – Kematian Ratu Elizabeth II menjadi sorotan media internasional di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dengan kabarnya banyak menjadi sorotan pembaca Kompas.com sejak Kamis (8/9/2022).

Ada berbagai macam isu yang menjadi sorotan mulai dari naiknya Raja Charles III sebagai pemimpin monarki yang baru, hingga perubahan dalam daftar ahli waris Kerajaan Inggris.

Selain itu ada, operasi unicorn juga menjadi perhatian mengingat sang ratu meninggal saat berada di Skotlandia.

Berikut rangkuman berita internasional terpopuler dari kanal global Kompas.com edisi Jumat (9/9/2022) hingga Sabtu (10/9/2022).

1. Ratu Elizabeth II Wafat , Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Charles III

Raja Charles III menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022).

Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun.

Sebagai raja baru Inggris, Charles III mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah penguasa yang disayangi serta ibu yang sangat dicintai dan akan dirindukan di seluruh dunia.

Baca selengkapnya

2. Charles III Jadi Raja Baru Inggris

Raja Charles III mengatakan, berpulangnya sang ibu tercinta adalah momen kesedihan yang sangat mendalam bagi dirinya dan bagi keluarganya.

Pada Jumat (9/9/2022), Charles secara resmi akan diangkat sebagai raja oleh Dewan Penobatan di Istana St James’s, London.

Telah dipastikan bahwa dia akan disebut Raja Charles III dan dalam beberapa hari mendatang akan diproklamasikan sebagai raja baru Inggris. Namun, ada sejumlah langkah yang harus ia lalui sebelum memegang takhta. Baca selengkapnya

3. Operasi Unicorn dan Rencana Ratu Elizabeth II Wafat di Skotlandia

Bukan rahasia lagi jika rencana Inggris saat kematian Ratu Elizabeth II diberi nama sandi “London Bridge”.

Namun, dilansir AFP, ada pula ketentuan khusus jika sang ratu meninggal saat berada di Skotlandia.

Ini disebut dengan apa yang dinamakan Operasi Unicorn. Unicorn adalah hewan nasional Skotlandia dan merupakan bagian dari lambang kerajaan, bersama dengan singa Inggris.
Baca selengkapnya di sini.

4. Ini Urutan Terbaru Ahli Waris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Ratu Elizabeth II Wafat

Pangeran Charles resmi naik takhta setelah ibundanya, Ratu Elizabeth II, wafat pada Kamis (8/9/2022).

Naik tahtanya Pangeran Charles akan mengubah urutan suksesi monarki Inggris.

Dilansir dari Associated Press (AP), berikut urutan suksesi monarki Inggris setelah Charles naik tahta sebagai raja. Daftar berikut ini adalah urutan calon raja-raja Inggris di masa mendatang. Baca selengkapnya

5. Charles Naik Takhta Usai Ratu Elizabeth II Wafat, Karibia Tuntut Inggris Bayar Ganti Rugi Perbudakan

Suksesi takhta Kerajaan Inggris memicu seruan ganti rugi atas perbudakan dan dicopotnya Raja Inggris sebagai kepala negara di kawasan Karibia.

Dalam suksesi takhta Inggris, Pangeran Charles bakal naik takhta menjadi Raja Inggris usai Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022).

Atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, Perdana Menteri Jamaika mengatakan bahwa negaranya memulai masa berkabung. Baca selengkapnya

6. Masa Kekuasaan Raja Charles III Dimulai, Diiringi Bunyi Lonceng Seluruh Inggris

Lonceng gereja berbunyi di seluruh Inggris pada Jumat (9/9/2022) ketika Raja Charles III bersiap untuk berbicara kepada rakyatnya yang berkabung.

Hari itu adalah hari penuh pertama pemerintahan barunya setelah kematian ibu Charles, Ratu Elizabeth II.

Charles (73)–raja tertua yang naik takhta–menuju London dari perkebunan Balmoral di Skotlandia, lokasi Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022). Baca selengkapnya