radarutama.com – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Salman mengaku sedih atas kepergian Ratu Elizabeth.

MBS menyampaikan kesedihannya itu melalui televisi pemerintah Saudi,Al-Ekhbariya. “Sedih dengan berita kematian Ratu Elizabeth II. Dia mengabdikan hidupnya melayani negaranya,” kata MBS dilansir CNN, Jumat (9/9/2022).

“Ratu Elizabeth adalah contoh kebijaksanaan, cinta, dan kedamaian,” imbuhnya.

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II diumumkan oleh Istana Buckingham “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini”. Ratu Elizabeth meninggal di usia 96 tahun.

Pada saat Ratu Elizabeth II meninggal, takhta langsung diserahkan tanpa upacara kepada pewarisnya yaitu Charles (73), mantan Pangeran Wales. Meski demikian, nantinya akan ada beberapa tahapan tradisi yang harus ia lalui untuk dinobatkan menjadi raja.

Charles berduka atas kematian ibunya. Ia menyebut kehilangan Ratu Elizabeth II tak hanya dirasakan oleh masyarakat Inggris Raya, tapi seluruh dunia.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” pernyataan resmi Charles.

Bendera setengah tiang dikibarkan di Istana Buckingham. Bendera diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30 waktu setempat.

Saat berita kematian Ratu Elizabeth II diumumkan, ratusan orang berkumpul di luar gerbang Istana Buckingham. Beberapa di antaranya menangis.

Helikopter berlalu lalang di sekitar Istana Buckingham.