radarutama.com – Raja Charles III tiba di Istana Buckingham, London, Inggris, usai meninggalnya sang ibu Ratu Elizabeth II. Raja Charles III mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Inggiris Liz Truss.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), Raja Charles III menjamu PM Inggris Liz Truss di Istana Buckingham waktu London untuk audiensi formal pertama mereka, setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Seorang juru bicara istana mengatakan kepada AFP bahwa pertemuan itu terjadi setelah Charles kembali ke London dari tempat peristirahatan keluarga kerajaan di Skotlandia, Balmoral, tempat ibunya meninggal.

Saat tiba di Istana Buckingham, warga yang berkumpul di luar Istana Buckingham menyapa Raja Charles III. Charles tersenyum berjabat tangan dengan sejumlah warga yang berkumpul di luar Istana Buckingham.

Warga meneriakkan ‘God save the King’ dan dengan lantunan lagu kebangsaan yang diubah ulang, kerumunan warga menyambut Charles dan Permaisuri Camilla setelah mereka keluar dari mobil usai penerbangan dari Skotlandia.

The royal standard dinaikkan untuk pertama kalinya dalam pemerintahan Charles, ketika raja baru dan Camilla memeriksa karangan bunga yang diletakkan di pagar istana oleh warga, sebelum memasuki rumah baru mereka di London.

Anggota kerajaan telah mengunjungi Ratu Elizabeth II di perkebunan Balmoral, di dataran tinggi Skotlandia sebelum kematiannya pada Kamis (8/9).

Charles dijadwalkan menyampaikan pidato yang disiarkan televisi kepada negara, Jumat (9/9), pada pukul 18.00 waktu Inggris.