radarutama.com Ratu Elizabeth II memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary lahir pada 21 April 1926. Pada tanggal 8 September 2022 Ratu Elizabeth II dikabarkan menutup usia.

Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 70 tahun lebih selama hidupnya. Ia juga diberikan gelar setelah kelahirannya adalah Her Royal Highness Princess Elizabeth of York.

Ratu Elizabeth II berkuasa pada 2 Juni 1953. Tak lama setelah ia resmi menggantikan posisi ayahnya ia meluncurkan sebuah kapal besar yang mewah pada zamannya. Kapal itu diberi nama Her Majesty’s Yacht Britannia atau juga dikenal sebagai Royal Yacht Britannia.

Kapal ini merupakan kapal ke-83 sejak Raja Charles II naik takhta. Selama 43 tahun kapal pesiar ini telah menempuh perjalanan lebih dari satu juta mil ke seluruh dunia.

Pada tahun 1953, Ratu Elizabeth meluncurkan Royal Yacht Britannia dengan dihadiri ribuan simpatisan menyambut Ratu dan Duke of Edinburgh ketika mereka tiba di Clydeside. Terdengar sorakan simpatisan yang hadir bersorak ketika kapal pesiar ini resmi diluncurkan.

Meskipun hujan deras, lebih dari 30.000 orang datang untuk mendengar Yang Mulia meresmikan kapal tersebut.

“Saya menamai kapal ini Britannia,” kata Ratu Elizabeth II .

Sisa pidatonya ditenggelamkan oleh sorak-sorai yang memekakkan telinga dari kerumunan 30.000 orang, sebagian besar adalah karyawan pembuat kapal dan keluarga mereka.

Pada acara peresmian kapal, mereka menyanyikan Rule Britannia ditemani oleh sebuah band. Kunjungan ke Kastil Dumbarton Ratu dan Duke memiliki jadwal yang sibuk sebelum upacara pemberian nama. Mereka tiba di Dumbarton dengan kereta api pagi ini dan disambut oleh 5.000 anak di stasiun.

Di sana Ratu mengunjungi kawasan industri, mengobrol dengan para pekerja dan menanam pohon pinus Skotlandia di pekarangan. Kemudian dia mengunjungi Kastil Dumbarton, raja pertama yang memerintah yang datang ke sini sejak Ratu Victoria pada tahun 1847.

Ratu Elizabeth II juga menanam pohon ceri di halaman sebelum kunjungan berikutnya ke skema perumahan Mountblow untuk orang tua di Clydebank. Lord Aberconway, ketua John Brown Ltd, menyambutnya di galangan kapal tempat dia makan siang dengan direktur perusahaan sebelum upacara pemberian nama. Royal Yacht memiliki bobot 4.000 ton dan telah dirancang agar dapat diubah menjadi kapal rumah sakit jika diperlukan. (Anggita Adi Sumadi)***