radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis, 8 September 2022. Pihak Kerajaan Inggris mengatakan, Ratu Elizabeth II meninggal di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis, 8 September 2022 kemarin.

Ratu Elizabeth dilantik menjadi ratu pada tahun 1952 ketika usianya baru 25 tahun. Masa jabatannya bahkan sudah melampaui nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang menjabat selama 63 tahun.

Selama tujuh dekade menjabat, banyak momen penting yang dilalui Ratu Elizabeth sebagai pemimpin Inggris . Dikutip Pikiran-rakyat.com dari History, berikut adalah 5 momen penting dalam hidup Ratu Elizabeth II .

1. Pelantikan Ratu Elizabeth (1952)

Ratu Elizabeth dilantik menjadi ratu setelah ayahnya, Raja George VI, meninggal dunia. Diselenggarakan di Westminster Abbey, pelantikan Ratu Elizabeth menjadi pelantikan pertama yang ditayangkan di televisi.

Tercatat sekitar 27 juta warga Inggris menonton melalui televisi, 11 juta orang mendengar melalui radio, dan 3 juta orang berbaris menyambutnya di sepanjang jalan menuju Buckingham Palace.

2. Silver Jubilee (1977)

Silver Jubilee menandakan 25 tahun masa jabatan Ratu Elizabeth. Pada 7 Juni 1977, Ratu Elizabeth bernama Pangeran Philip berkendara dari Buckingham Palace menuju Katedral St. Paul untuk merayakannya.

3. Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana (1981)

Pernikahan antara Pangeran Charles dan Putri Diana pada 29 Juli 1981 digadang-gadang merupakan pernikahan kerajaan terbesar dalam sejarah. Diperkirakan ada sekitar 750 juta orang dari 74 negara yang berbeda menaruh perhatian mereka pada pernikahan ini.

4. Annus Horribilis (1992)

Annus Horribilis, yang artinya “tahun yang buruk,” disematkan oleh Ratu Elizabeth sendiri pada tahun 1992. Pada tahun tersebut, cukup banyak hal buruk yang terjadi pada keluarga Kerajaan Inggris .

Di tahun 1992, tiga dari empat anak Ratu Elizabeth berpisah dari pasangan mereka masing-masing. Sebut saja perceraian antara Pangeran Charles dan Putri Diana, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson, serta Putri Anne dan Mark Phillips.

5. Golden Jubilee (2002)

Perayaan 50 tahun masa jabatan Ratu Elizabeth diawali dengan dua kehilangan sosok berharga, yakni sang adik, Putri Margaret, dan ibu mereka yang hanya berselang beberapa minggu saja.

Untuk merayakan golden jubilee tersebut, Ratu Elizabeth bepergian sejauh 40.000 mil, mengunjungi 70 kota dan 50 negara bagian yang ada di Inggris .

Lebih dari itu semua, tentunya masih banyak lagi momen penting yang dilalui Ratu Elizabeth selama masa jabatannya. Kini sang ratu telah tiada, tapi cerita tentangnya akan selalu diingat rakyatnya. (Annisa Roffina Nurprili)***