Resepsi diplomatik jadi ajang promosi batik ala KJRI Chicago

radarutama.com – KJRI Chicago di Amerika Serikat mengelar resepsi diplomatik di kantor Chicago pada Kamis (27/10) dalam rangka mempromosikan batik sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

“Hari ini sangat spesial karena tidak hanya KJRI merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga Hari Batik Nasional,” kata Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Meri mengatakan bahwa batik adalah sesuatu yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia dan dikenakan pada sejumlah acara penting mulai dari kelahiran, pernikahan sampai dengan acara kematian.

MeriBinsar juga menyampaikan undangan kepada semua yang hadir untuk datang ke Indonesia bersama keluarga tercinta. “Mulai dari makanan, pemandangan indah, investasi, bisnis dan juga lapangan golf kelas dunia, Indonesia punya semua”, katanya.

Komunitas Indonesia-Amerika ini diakui juga oleh Wali kota Chicago telah memberikan kontribusi penting pada perkembangan dan pertumbuhan kota Chicago.

“Saya merasa sangat terhormat untuk menyambut semua yang sudah berkumpul untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Indonesia dan kami mendorong semua komunitas di Chicago, khususnya Asian-American untuk ikut merayakan,” kata Anel Marchan, Wakil Direktur Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali kota Lightfoot.

Annel juga menambahkan bahwa dirinya sangat terkesan dengan galeri batik yang ada di KJRI Chicago. “Saya juga belajar banyak mengenai batik dan bagaimana Indonesia adalah pemimpin yang diakui UNESCO (mengenai batik),”ucapnya.

Selain menjadi ajang silaturahmi dan pengembangan jejaring antara KJRI Chicago dengan para mitra kerja diplomatik dan bisnis, acara tersebut juga memamerkan galeri batik yang akan segera dibuka untuk publik dan produk Indonesia, khususnya produk makanan, minuman, perhiasan dan kerajinan UMKM.

Hari Batik Nasional juga diperingati melalui pagelaran busana batik yang menampilkan tiga butik dari Indonesia, yaitu Djadi Batik dari Yogyakarta, Tepa Selira dari Jakarta, serta Ozzy dan My Batik Shop yang berbasis di Chicago.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *