radarutama.comPIKIRAN RAKYAT- Ratu Elizabeth II telah berpulang pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun pada pukul 16.00 sore waktu Inggris.

Secara otomatis tahta akan diturunkan kepada anak sulungnya yakni Pangeran Charles, yakni Calon Raja Charles III .

Menurut beberapa sumber gelar Raja tersebut sudah ditunggu sejak lama oleh ayah Pangeran William dan Pangeran Harry itu.

Rencana pengangkatan resmi Raja Charles III akan dilaksanakan pada Sabtu 10 September 2022 pagi.

Charles akan secara resmi diproklamasikan sebagai Raja pada Sabtu pagi di pertemuan Dewan Aksesi, kata Istana Buckingham .

Badan resmi yang mengawasi suksesi Ratu Elizabeth II akan bertemu mulai pukul 10.00 pagi waktu setempat, dengan pengumuman publik pertama dari balkon Istana St James di London pada pukul 11.00 pagi.

Raja Charles II berhasil naik tahta setelah kematian Ratu Elizabeth II dan Dewan Aksesi diadakan sesegera mungkin.

Pelaksanaan biasanya dalam waktu 24 jam dan diadakan di Istana St James, kediaman resmi penguasa, untuk mengumumkan penggantinya.

Raja Charles III yang baru adalah raja Inggris ketiga yang berbagi nama tersebut.

Charles I adalah satu-satunya raja Inggris yang dieksekusi, pemerintahan Charles I menyebabkan perang saudara yang brutal dan penghapusan keluarga kerajaan.

Pria yang akan menjadi Raja Charles II bergabung dengan ayahnya dalam pertempuran selama Perang Saudara.

Akan tetapi meninggalkan Inggris karena menjadi jelas bahwa kekalahan tidak dapat dihindari dan pindah ke Den Haag pada tahun 1649.

Meskipun monarki dihapuskan di Inggris setelah ayahnya dieksekusi, Charles dimahkotai sebagai Raja Skotlandia pada 1 Januari 1651.***