radarutama.com – Silsilah keluarga kerajaan Inggris menjadi perhatian yang menarik. Hal ini sebab kerajaan Inggris merupakan kerajaan besar yang sampai saat ini masih tetap eksis selama berabad-abad lamanya.

Diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, pada Rabu (8/9/2022). Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, takhta Kerajaan Inggris diwariskan ke keturunan-keturunannya. Lantas, siapa pengganti Ratu Elizabeth II kini?

Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Dilansir AFP, Jumat (9/9), Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Kabar tersebut dilaporkan oleh Istana Buckingham. Melalui akun Twitter The Royal Family, dikabarkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral.

Ratu Elizabeth II meninggal setelah memimpin kerajaan Inggris selama 70 tahun lamanya. Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin kerajaan Inggris ini turut mengubah urutan penerus tahta kerajaan Inggris.

Menurut silsilah keluarga kerajaan Inggris, Charles adalah putra sulung Ratu Elizabeth II. Usai sang ibu meninggal dunia, Charles, sebagai penerus kerajaan Inggris selanjutnya kini menjadi Raja Inggris bergelar Raja Charless III.

Ratu Elizabeth II bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor lahir pada 21 April 1926, di sebuah rumah di dekat alun-alun Berkeley di pusat kota London. Dia adalah anak perempuan tertua dari Albert atau Duke of York (putra kedua Raja George V) dan istrinya yang dikenal sebagai Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Ketika, Raja George V, meninggal dunia pada 1936, anak tertuanya, David, otomatis menjadi Raja Edward VIII. Namun, pilihan istrinya yang merupakan janda cerai dua kali asal Amerika Serikat, Wallis Simpson, dinilai tak bisa diterima atas alasan politik maupun agama. Maka akhirnya David mengundurkan diri.

Dengan itu, menurut silsilah keluarga kerajaan Inggris, Duke of York, ayah Elizabeth, kemudian menjadi Raja George VI sebagai penerus tahta kerajaan Inggris. Pada tahun 1952, ayah Elizabet meninggal dunia.

Selanjutnya, pada Juni 1953, Elizabeth dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan Inggris menjadi Ratu Inggris bergelar Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui, usai meninggalnya Ratu Elizabeth II, menurut urutan silsilah kerajaan Inggris, Charles sebagai penerus tahta kerajaan Inggris, kini menjadi Raja Inggris bergelar Raja Charles III. Adapun urutan silsilah keluarga kerajaan Inggris lengkap dari garis keturunan Ratu Elizabeth II adalah sebagai berikut.

Raja Charles III

Charles adalah putra tertua Ratu Elizabeth II dan kini menjadi Raja Charles III. Sebelumnya, Charles bergelar Pangeran Wales yang saat menikah dengan Lady Diana Spencer, yang menjadi Putri Wales, pada 29 Juli 1981. Pasangan ini dikaruniai dua putra, William dan Harry.

Mereka kemudian berpisah dan pernikahan mereka dibubarkan pada tahun 1996. Pada 31 Agustus 1997, Lady Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris. Lalu, Charles menikah dengan Camilla Parker Bowles pada 9 April 2005.

Pangeran William

Pangeran William adalah putra sulung Raja Charles III dengan Lady Diana. Menurut silsilah keluarga kerajaan Inggris, Pangeran William kini berada di urutan pertama dalam garis tahta kerajaan Inggris selanjutnya.

Pangeran William bergelar Adipati Cornwall dan Cambridge menikah dengan Catherine, (Kate Middleton) dan dikaruniai tiga anak. Anak pertama, George, pada Juli 2013, anak kedua, Charlotte, pada 2015 dan ketiga, Louis, pada 2018.

Pangeran George

Pangeran George dari Cornwall dan Cambridge adalah anak pertama Pangeran William dan Kate Middleton. George lahir pada 22 Juli 2013 di Rumah Sakit St Mary di London. Pangeran George berada di urutan kedua dalam garis tahta, setelah ayahnya

Putri Charlotte

Putri Charlotte adalah anak kedua Pangeran William dan Kate Middleton. Charlotte lahir pada 2 Mei 2015 di Rumah Sakit St Mary. Charlotte berada di urutan ketiga dalam garis tahta, setelah ayah dan kakak laki-lakinya, dan dikenal sebagai Yang Mulia Putri Charlotte dari Cornwall dan Cambridge.

Pangeran Louis

Pangeran Louis dari Cornwall dan Cambridge adalah anak ketiganya Pangeran William. Louis lahir pada 23 April 2018, di Rumah Sakit St Mary di London. Menurut urutan silsilah keluarga kerajaan Inggris, Louis Arthur Charles berada di urutan keempat dalam garis tahta.

Pangeran Harry

Pangeran Harry, Adipati Sussex, adalah anak kedua dari Raja Charles III dan Lady Diana. Harry lahir pada tahun 1984. Pada 19 Mei 2018, dia kemudian menikah dengan aktris AS Meghan Markle, di Kastil Windsor.

Pada Januari 2020, pasangan itu mengatakan mereka akan mundur sebagai bangsawan “senior” dan membagi waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara. Mereka mengatakan mereka bermaksud untuk “bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial”.

Lebih dari setahun kemudian, Istana Buckingham mengkonfirmasi pasangan Harry dan Meghan tidak akan kembali ke tugas kerajaan, dan akan melepaskan penunjukan militer kehormatan dan perlindungan kerajaan mereka.

Pasangan Harry dan Meghan memiliki dua anak. Anak pertama keluarga Sussex ini bernama Archie Harrison dan anak kedua mereka adalah Lilibet Diana.

Demikian informasi tentang silsilah keluarga kerajaan Inggris dari garis keturuan Ratu Elizabeth II.