radarutama.com Ratu Elizabeth II merupakan penguasa terlama di Inggris dan membuat dia menjadi terkenal. Ia diketahui naik takhta sejak 6 Februari 1952, menggantikan sang ayah, Raja George VI.

Masa kekuasan yang sudah 70 tahun, Ratu Elizabeth II telah banyak memimpin belasan negara. Negara -negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II , di antaranya:

1. Antigua dan Barbuda

Negara ini merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di laut Karibia bagian timur. Kepulauan ini merupakan bagian dari kepulauan Antilles Kecil dan berbatasan dengan Guadeloupe di sebelah selatan, Monserrat di barat daya, Saint Kitts dan Nevis di barat dan Saint Barthelemy di barat laut.

2. Australia

Negara Australia adalah sebuah negara yang berada di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Negara -negara yang bertetangga dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara serta Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur laut, dan Selandia Baru di tenggara.

3. Bahama

Bahama merupakan sebuah negara yang terdiri dari kurang lebih 700 pulau di Kawasan Karibia, Florida, Amerika Serikat terletak di sebelah barat, dan Kuba di sebelah selatan Bahama.

Bahama menggunakan Bahasa inggris sebagai bahasa resminya. Sistem pemerintahan Bahama adalah Monarki Konstitusional dengan kepala Negara Ratu Elizabeth II dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

4. Barbados

Barbados masyhur dengan industri pariwisata dan dikenal sebagai Little England atau “ Inggris Kecil” kepulauan Karibia, dikarenakan pengaruh inggris yang kuat di pulau ini.

Pulau Barbados terletak 2.585 kilometer sebelah tenggara Miami, Amerika Serikat dan 860 kilometer dari Caracas, Venezuela.

5. Belize

Belize adalah sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan.

Negara ini terletak 75 kilometer ke arah tenggara. Dalam Bahasa Spanyol, Belize sering disebut Belice.

Dahulu negara ini disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama “Belize” diambil dari sungai Belize.

Bahasa resminya adalah Bahasa Inggris . System pemerintahannya adalah Monarki Konstitusional dengan Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan.

6. Kanada

Kanada merupakan negara paling utara di Kawasan Amerika Utara. Kanada dengan nama asli Dominion of Canada, terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori, dengan menganut sistem desentralisasi.

Kanada berdiri pada tahun 1867, setelah disahkannya undang-undang konfederasi. Ottawa menjadi Ibu Kota negara ini.

Baca Juga: Judul Lagu Kebangsaan Inggris Raya Berubah Usai Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja, Kenapa?

Kanada merupakan monarki konstitusional, dengan pemerintahan yang berbentuk demokrasi parlementer federal.

Ratu Elizabeth II menjadi Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala pemerintahannya.

7. Grenada

Grenada merupakan negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia, Letaknya sekitar 161 kilometer di sebelah utara Venezuela.

Grenada adalah negara terkecil kedua di belahan bumi Barat setelah Saint Kitts dan Nevis.

Sistem pemerintahannya adalah monarki konstitusional, dengan kepala pemerintahannya perdana Menteri, dan Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negaranya.

8. Jamaika

Jamaika merupakan salah satu negara penghasil bauksit terbesar di dunia.

Baca Juga: Fenomena Langka Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Aceh

Sistem pemerintahannya Monarki Konstitusional, dengan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya, dan Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negaranya.

9. Selandia Baru

Selandia Baru adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik.

Karena letaknya yang jauh, Selandia Baru merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia.

Sistem pemerintahannya Kesatuan Parlementer Monarki Konstitusionall dengan Ratu Elizabeth II menjadi Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya.

10. Federasi Saint Kitts dan Nevis

Federasi Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia.

Baca Juga: Miris! Kasat Narkoba Polres Karawang Terlibat Peredaran Sabu, Kini Dipecat Jadi Anggota Polri

Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya.

11. Saint Lucia

Saint Lucia merupakan negara kepulauan di Laut Karibia bagian timur yang berbatasan dengan Samudra Atlantik.

12. Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent dan Grenadine merupakan negara kepulauan yang tak luput dari dominasi bangsa Eropa dan luas wilayahnya hanya setengah dari Pulau Ambon.

13. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon merupakan negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian Selatan.

Baca Juga: Raja Charles III Naik Takhta, Kenapa Camilla jadi Permaisuri dan Bukan Ratu?

14. Tuvalu

Tuvalu dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice yang merupakan negara kepulauan yang terletak di antara Hawai dan Australia di Samudra Pasifik.

15. United Kingdom

United Kingdom, atau secara umum dikenal sebagai Britania Raya, atau Britania merupakan sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa.

16. Papua Nugini

Papua Nugini merupakan negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua, dan berbatasan darat langsung dengan Provinsi Papua, Indonesia di sebelah barat.

Itulah daftar negara-negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II . (Mefi Septiandini)***