Ukraina Hari Ini: Rusia Selesai Rekrut 300.000 Tentara Cadangan dari Mobilisasi Parsial

radarutama.com – Kabar terbaru perang Ukraina hari ini, Rusia selesai merekrut 300.000 tentara cadangan pada Jumat (28/10/2022).

Perekrutan selesai hanya dalam waktu sebulan sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial, untuk menopang pasukannya di Ukraina karena Rusia baru-baru ini menderita kekalahan di medan perang.

“Tugas merekrut 300.000 orang telah selesai,” kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam pertemuan dengan Putin yang disiarkan televisi, dikutip dari kantor berita AFP.

Shoigu menambahkan, “Tidak ada tugas (mobilisasi) tambahan yang direncanakan”, tetapi Rusia masih merekrut relawan dan tentara dengan kontrak.

Shoigu mengungkapkan, 82.000 orang yang dimobilisasi sudah berada di Ukraina, dengan 41.000 di antaranya dikerahkan ke unit militer.

Adapun 218.000 sisanya menjalani pelatihan di Rusia, kata Shoigu.

Putin lalu meminta Shoigu untuk berterima kasih kepada pasukan yang dimobilisasi atas patriotisme mereka.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas dedikasi untuk tugas, untuk patriotisme mereka,” kata Putin, dan untuk “fakta bahwa mereka akan membela negara mereka, dan karena itu rumah mereka”.

Laporan tentang para orang tua, sakit, dan pelajar yang dimobilisasi sempat memicu kemarahan di Rusia.

Putin mengakui adalah masalah yang tak terhindarkan pada awal pemanggilan mobilisasi parsial.

Shoigu kemudian meyakinkannya bahwa semua masalah sudah diperbaiki.

Pengumuman mobilisasi parsial Rusia pada akhir September 2022 memicu eksodus pria ke luar negeri dan protes kecil di Rusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *