radarutama.com – Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat, 9 September 2022, menjadi momen yang akan mengubah beberapa hal dalam sejarah Inggris.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II menelan biaya sebesar 6 miliar poundsterling yang setara dengan Rp103,4 triliun.

Biaya tersebut sama dengan biaya penobatan sang putra sulung yang kini menjadi Raja Charles III sebagai penerus sang Ratu.

Ratu Elizabeth II menjadi wanita dikenal oleh di dunia sejak dirinya naik takhta pada tahun 1952.

Potret Ratu Elizabeth II melekat pada koin, perangko, dan uang kertas, serta inisialnya menjadi penghias kotak pos, seragam, dan papan nama di Britania Raya.

Namun, dengan wafatnya sang Ratu dan diangkatnya Charles menjadi Raja, potret yang melekat pada beberapa hal tersebut akan ikut berubah.

Perubahan itu akan memakan waktu yang lama, bisa beberapa tahun atau bahkan puluhan tahun dan itu akan menjadi tugas yang besar.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, berikut beberapa hal yang akan berubah pascawafatnya Ratu Elizabeth II .

1. Royal Cypher Royal Cypher merupakan simbol yang biasanya terlihat di gedung-gedung pemerintah, seragam, barang-barang yang berafiliasi dengan kerajaan, dan dokumen negara atau kerajaan.

Saat Ratu Elizabeth II masih menempati kursi kerajaannya, simbol itu berbentuk inisial ER (Elizabeth Reign). Namun, setelah Sang Ratu wafat dan diteruskan oleh Charles, simbol tersebut memiliki kemungkinan akan berganti menjadi CR (Charles Rex).

Alasan kenapa inisial R di belakang tidak berubah adalah karena R bisa berarti Reign atau Rex yang merupakan bahasa latin dari Ratu dan Raja. Namun, Royal Cypher berikutnya masih belum dipastikan.

2. Kotak PosSaat ini kotak pos kerajaan masih ditandai dengan logo ERII singkatan dari Elizabeth Regina II dan setelah Charles diangkat menjadi Raja, logo tersebut seharusnya akan berganti menjadi CRIII yang merupakan singkatan dari Charles Rex III.

Diperkirakan ada 100.000 lebih kotak pos di seluruh Inggris dan setiap kotak pos harus diberikan tanda penguasa saat ini. Hal itu akan memakan waktu yang tidak sedikit untuk mengganti semuanya.

3. UangUang koin dan uang kertas bergambar Ratu Elizabeth II akan tetap beredar di Inggris pascawafatnya hingga satu tahun atau lebih.

Hal itu bertujuan untuk mengenang mendiang ratu sampai gambar Raja Charles III yang akan diletakkan di uang koin dan kertas beredar secara luas.

Penggantian gambar Ratu Elizabeth II menjadi Raja Charles III di mata uang, menurut ahli keuangan, akan dilakukan secara bertahap.

Baik bank maupun kantor pos akan sama-sama mengeluarkan desain baru untuk uang dan notes dan untuk versi yang lama akan segera dikumpulkan.

4. Perangko Sama seperti kotak pos, perangko dan cap yang diproduksi oleh Royal Mail harus mengubah siluet wajah Ratu Elizabeth II pascawafatnya, menjadi wajah Raja Charles III yang menggantikannya.

5. Lagu KebangsaanSeiring naiknya Charles di kursi takhta sebagai Raja Inggris, maka judul dan kata-kata dalam lagu kebangsaan Inggris harus ikut diganti menjadi ‘God Save the King’.

6. PasporSelain beberapa hal sebelumnya, paspor Inggris juga akan ikut berganti.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, saat ini paspor Inggris bertuliskan “Her Britannic Majesty’s Secretary of State requests and requires in the name of Her Majesty all those whom it may concern to allow the bearer to pass freely without let or hindrance and to afford the bearer such assistance and protection as may be necessary”.

Beberapa kata dalam paspor tersebut akan diganti menjadi kata ganti untuk laki-laki. Hal itu mengacu pada Raja Charles III dan akan berlaku untuk paspor terbaru.

Sedangkan, untuk paspor lama yang masih menggunakan kata ganti yang mengacu pada Sang Ratu, akan tetap berlaku sampai masa aktif paspor tersebut habis dan dilakukan penggantian yang baru.***