radarutama.com – World Population Review sendiri merupakan organisasi independen yang menyajikan data-data demografis dengan tujuan membuat data itu lebih mudah untuk diakses. Mereka setidaknya mencatat 10 negara dengan jumlah utang terbanyak dan beberapa di antaranya merupakan negara maju.

Lantas negera mana saja yang termasuk ke dalam daftar negara dangan utang terbanyak di dunia? Berikut ini beberapa negara yang dimaksud.

Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia

1. Jepang

Jepang menjadi negara pertama yang memiliki utang luar negeri terbanyak di dunia. Berdasarkan data yang dirilis, Negeri Matahari Terbit dengan jumlah 127.185.332 populasi penduduk tercatat memiliki utang nasional hingga mencapai angka 234,18 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Total dari utang nasional Jepang ditaksir sebanyak 1.028 triliun yen atau setara dengan USD 9.087 triliun. Salah satu penyebab dari tngginya utang Jepang yaitu karena pasar saham Jepang mengalami penurunanyang tajam serta keputusan pemerintah Jepang agar menyelamatkan bank dan perusahaan asuransi dengan memberikan mereka kredit bunga rendah.

2. Yunani

Yunani menjadi negara kedua dengan utang terbanyak di dunia. Berdasarkan data, utang Yunani mencapai hingga 332,6 miliar euro atau sekitar USD379 miliar. Utang itu merupakan 174,15 persen dari jumlah total PDB Yunani. Pada 30 Juni 2015 lalu perekonomian negara Yunani memang sudah mengalami keterpurukan dan sempat dinyatakan bangkrut.

Beberapa penyebab permasalahan itu antara lain adalah krisis finansial global, reformasi ekonomi yang gagal dan terjadinya politik dinasti.

3. Portugal

Portugal memiliki utang nasional sebanyak 322 miliar euro atau setara USD264 miliar. Utang itu mencapai 119,46 persen dari total PDB. Negara Portugal mulai mengalami peningkatan jumlah utang berawal dari krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008–2009.

Krisis tersebut disebabkan karrna Portugal kurang berinvestasi dalam bidang infrastruktur, sehingga menyebabkan ekonominya mengalami kesulitan untuk dapat berkembang.

4. Italia

Italia menjadi salah satu negara dari beberapa negara lain dibelahan dunia yang paling terkena dampak pandemi Covid-19 dalam hal perekonomian negara. Terjadinya pandemi Covid-19 ini menyebabkan salah satu faktor negara tersebut mempunyai utang. Total utang Italia mencapai 2,17 triliun euro atau sekitar USD2,48 triliun. Besaran utang ink mencapai 133,34 persen dari PDB.

5. Bhutan

Bhutan menduduki peringkat kelima yang masuk dalam daftar negara dengan utang terbanyak di dunia. Total utang nasional negara Bhutan mencapai USD2,33 miliar, yang terdiri dari 103.83 persen PDB negara tersebut.

6. Siprus

Selanjutnya, ada negara kepulauan berada di Laut Mediterania Timur, Siprus yang mempunyai utang nasional negara mencapai 101,04 persen dari total PDB negara. Utang nasional Siprus yakni sebesar 18,95 miliar euro atau sekitar USD21,64 miliar.

7. Belgia

Belgia termasuk negara dengan jumlah utang terbanyak hingga mencapai 399,5 miliar euro atau setara dengan USD456,18 miliar. Utang Belgia mencapai 99,57 persen PDB.

Setelah menyatakan diri berpisah secara politik dari negara Belanda, Belgia merupakan negara di Eropa Barat yang bisa ditemukan di sepanjang Laut Utara, antara negara Belanda dan Prancis.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat sebagai salah satu negera maju dan berpengaruh di dunia memiliki utang nasional mencapai 19,23 triliun dolar AS. Utang negara adidaya itu setara dengan 106,7 persen dari jumlah PDB. Meskipun Amerika memiliki ekonomi keseluruhan yang terbesar di dunia, PDB per kapitanya bukan termasuk yang tertinggi di dunia. Bahkan, negara Paman Sam itu hanya masuk dalam urutan ke-10 PDB tertinggi di dunia.

9. Spanyol

Spanyol memiliki jumlah utang sebesar 1,09 triliun euro atau setara dengan USD1,24 triliun. Kepadatan penduduk negara tersebut termasuk lebih rendah daripada beberapa besar di Negara Eropa Barat lainnya. Terkait dengan kualitas hidup, perawatan kesehatan, serta akses yang diperlukan untuk bahan pokok seperti air minum dan sanitasi, Spanyol relatif tidak ada masalah.

10. Singapura

Negara dengan utang terbanyak di dunia yang ke-10 yaitu Singapura. Utang nasional negara yang berada di wilayah Asia ini tercatat mencapai USD2,54 miliar. Utang tersebut setara 109,37 persen dari PDB.

Menurut World Population Review, persentase dari rasio utang nasional Indonesia terhadap PDB yakni sebesar 29.29 persen. Meskipun Indonesia bukan termasuk ke dalam daftar 10 besar negara dengan utang terbesar di Indonesia, berdasarkan data dari World Bank, Indonesia masuk daftar 10 negara dengan pendapatan menengah bawah.

Daftar 10 negara itu diketahui menurut laporan International Debt Statistics (IDS) 2022 yang dirilis oleh Bank Dunia. Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia masuk di urutan ke-7 dengan nominal hingga mencapai USD417,53 miliar.

Data itu berdasarkan jumlah ULN Indonesia per akhir tahun 2020. Sepanjang tahun 2020, utang luar negeri Indonesia naik sebesar 3,8%. Di tahun sebelumnya, ULN Indonesia mencapai sebesar USD402,08 miliar.

Itu tadi daftar negara dengan utang terbanyak di dunia serta kondisi utang yang dimiliki Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.