radarutama.com – Tentara masih menjadi salah satu profesi yang diidam-idamkan banyak masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menjadi prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia), terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Persyaratan itu terdapat dalam Pasal 28 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. Berikut adalah syarat -syaratnya.

a. Warga negara Indonesiab. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esac. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945d. Pada saat dilantik menjadi prajurit berumur paling rendah 18 tahune. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesiaf. Sehat jasmani dan rohanig. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetaph. Lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa menjadi anggota TNIi. Persyaratan lain sebagai keperluan.

Selain itu,menurut Pasal 29, pendidikan untuk pengangkatan prajurit terdiri atas pendidikan perwira, bintara, dan tamtama.

Pelaksanaan pendidikan sebagaimana dimaksud diatur lebih lanjut dengan keputusan panglima.

Prajurit TNI wajib menjunjung tinggi kepercayaan yang diberikan oleh bangsa dan negara untuk melakukan usaha pembelaan negara sebagaimana dimuat pada Sumpah Prajurit. Dan untuk keamanan negara, setiap prajurit yang telah berakhir menjalani dinas keprajuritan atau prajurit siswa yang karena suatu hal tidak dilantik menjadi prajurit , wajib memegang teguh rahasia tentara walaupun yang bersangkutan diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat. Menurut Pasal 37.

Dan larangan pada prajurit , tertera pada Pasal 39. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Itulah syarat – syarat dan aturan yang harus ditaati untuk menjadi prajurit TNI . (Salwa Syafiqoh)***