radarutama.comPIKIRAN RAKYAT – Dua hari lalu, yakni pada Selasa, 7 September 2022, pihak Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan hak reduksi kepada penumpang yang berusia 60 tahun ke atas.

Informasi ini disampaikan langsung melalui unggahan terbarunya di akun twitter resmi @KAI121.

Diketahui, Reduksi adalah besaran tarif angkutan kereta api yang telah mendapatkan potongan harga dengan nilai tertentu berdasarkan kebijakan perusahaan atau perjanjian kerja sama perusaahaan dengan suatu instansi, lembaga, atau organisasi.

Dengan adanya informasi ini, setiap orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas akan mendapatkan diskon sebesar 20 persen saat membeli tiket kereta api antarkota, tetapi tidak termasuk kereta wisata dan Luxury.

Untuk mendapatkan hak reduksi, penumpang diperlukan registrasi terlebih dahulu agar memiliki nomor reduksi.

Cara Registrasi sebagai Penumpang Reduksi

Proses registrasi juga dapat diwakilkan, dengan syarat orang yang mewakilinya membawa KTP asli dan Pas Foto orang yang akan didaftarkan.

Perlu diketahui, registrasi hanya dilakukan sekali dan berlaku seterusnya.

Untuk mendapatkan diskon tiket kereta api reduksi, penumpang juga bisa membuka aplikasi KAI Access.

Cara Memesan Tiket KAI Reduksi melalui KAI Access

Centang kolom pesetujuan lalu klik “Bayar Sekarang”.

Pastikan kamu membayar tiket kereta sebelum batas waktu pembayaran habis. Karena jika kamu telat membayarnya, maka tiket keretamu dianggap gagal dipesan.

Demikian cara registrasi sebagai penumpang reguler reduksi dan cara memesan tiket kereta apinya secara mudah dan praktis. Jangan tunggu lagi, ayo segera daftarkan keluargamu yang telah berusia lanjut agar mendapatkan harga tiket kereta api yang lebih murah dari sebelumnya.(Tini Fitriyani)***