radarutama.com – Namun sebelum mengatuhi bacaan doa puasa qadha, yuk simak dulu hukum menjalankan Puasa qadha, dan dalilnya berikut ini.

Hukum Puasa Qadha

Jadi, puasa qadha ini hukumnya wajib bagi setiap muslim. Oleh karena itu, hendaknya segara bayar hutang puasa Ramadan pada hari di luar bulan Ramadan.

Mengenai anjuran bayar hutang puasa Ramadan ini tertuang juga dalam Al Quran surat Al Bagarah ayat 184 yang bunyinya sebagai berikut:

“Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan, maka (wajib lah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

Bagi yang akan membayar hutang puasa Ramadan dengan puasa qadha, diwajibkan untuk baca niatnya terlebih dulu pada malam hari sebelum melakukan puasa. Puasa qadha ini juga bisa dibarengi dengan puasa sunnah Senin dan Kamis.

Adapun bunyi doa atau niay untuk puasa qadha yaitu seperti berikut ini.

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhaa’i fardhi syahri Ramadhaana lillaahi ta‘aalaa

Doa Buka Puasa Qadha

Menurut hadis, asa dua versi bacaan doa buka puasa qadha yang bisa kamu baca. Adapun bunyi bacaan doanya seperti berikut ini:

1. Doa buka puasa qadha versi pertama

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah,” (HR Abu Daud).

2. Doa buka puasa qadha versi kedua

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih,” (HR Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Puasa Qadha

Bagi yang akan menunaikan puasa qadha Ramadan, tata caranya sama seperti saat menunaikan puasa Ramadan, yang membedakan kedunya hanya pada niatnya. Adapun tata caranya yaitu sebagai berikut:

Membaca niat puasa qadha pada malam jelang puasa

Jika tidak sibuk, gunakan waktu berpuasa dengan baca Alquran, sholawat dan dzikir

Puasa dilaksanakan dari terbit fajar hingga terbenam matahari

Baca doa buka puasa

Demikian ulasan mengenai doa puasa qadha lengkap dengan bacaan niat puasa qadha, doa buka puasa qadha, dan tata caranya. Bagi yang memiliki hutang puasa Ramadan, sebaiknya segera bayar dengan puasa Qadha sebelum masuk Ramadan berikutnya.