radarutama.com – Sidang Komisi Kode Etik (KKEP) kembali digelar oleh pihak Kepolisian terkait insiden penembakan yang menewaskan Brigadir J .

Diketahui, pada hari ini, Jumat, 9 September 2022, mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raymond menjalani Sidang Komisi Etik.

Adapun, Polri juga menghadirkan 13 saksi dalam Sidang KKEP tersebut. Sejumlah saksi tersebut berasal dari institusi Kepolisian dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Beberapa anggota Polri yang menjadi saksi di antaranya adalah AKBP RRS, Kompol DKZ, AKBP P, Kompol GA, AKBP HS, AKBP ASH, Kompol ESL dan Kompol AR.

Lalu ada pula, Kompol HP, Kompol SMI dan AKP AE, sedangkan, saksi dari pihak LPSK yaitu ML dan YM.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

“AKBP J ini untuk saksi dalam persidangan ada 13 orang. Untuk hakim komisinya masih sama dengan pimpinan Pak Wairwasum Irjen Tornagogo Sihombing, kemudian wakilnya Brigjen Agus Wijayanto,” katanya, Jumat, 9 September 2022.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa proses sidang etik Jerry Raymond akan cukup memakan waktu lantaran melibatkan banyak saksi.

“Ini masih menunggu dulu, karena ini akan berproses lagi dan mungkin juga akan sangat panjang karena saksinya 13. Kemarin yang saksinya 9 aja bisa sampai jam 2 pagi,” ujarnya.

Dedi memprediksi bahwa sidang Jerry Raymond akan berlangsung hingga Sabtu, 10 September 2022 pukul 03.00 WIB.

“Apalagi yang AKBP J ini mungkin dimulai sidang kalau misalnya paling cepat jam 3, kalau 12 jam ya teman-teman mohon sabar untuk jam 3 pagi juga,” ucapnya.

Selain untuk Jerry Raymond, pihak Kepolisian juga menggelar sidang etik terhadap AKBP Pujiyarto. Diketahui, Pujiyarto juga diduga melanggar kode etik Polri dalam kasus pembunuhan Brigadir J .

Pihak Kepolisian pun menghadirkan 3 orang saksi, di antaranya AKBP JS, Kompol GA, dan AKP IMW.

“Untuk saksi, ada tiga saksi yang dimintai keterangan atas nama AKBP JS, kemudian Kompol GA, dan AKP IMW,” tuturnya

Hingga saat ini masih belum diketahui pasti sanksi dan tuntutan yang akan diberikan untuk Pujiyarto.

“Ini sudah dimintai keterangan saksi, mungkin saat ini sedang lagi persiapan untuk pembacaan tuntutan,” katanya.

Dedi pun akan menyampaikan hasil sidang etik Pujiyarto ketika telah diputuskan oleh pimpinan sidang.

“Putusannya apa, nanti kalau sudah diputuskan oleh sidang KKEP, maka akan segera saya informasikan,” ujarnya.

Sebagai informasi, pihak Kepolisian telah menggelar sidang komisi etik terhadap sejumlah anggotanya yang diduga terlibat dalam kasus Brigadir J .

Adapun, sejumlah anggota Polri yang telah menjalani sidang etik tersebut adalah Ferdy Sambo , Chuck Putranto, Baiquni Wibowo, Agus Nur Patria, dan Dyah Chandrawathi.***