radarutama.com – Padahal situasi sudah genting, sehingga warga sekitar bahu-membahu menandu ibu hamil itu menuju Puskesmas, bahkan ketika sudah malam hari dan jalanan begitu gelap.

Ibu hamil dibawa ke tempat pelayanan kesehatan (malam hari) dan dibawa kembali setelah melahirkan,” tulis Fathul Rakhman, dikutip Suara.com pada Jumat (9/9/2022).

Disebutkan bahwa kondisi jalannya sangat sempit sehingga ambulans tidak bisa lewat. Ketika video memperlihatkan suasana di pagi harinya, tampak jelas jalanan yang sempit dan curam meski setidaknya telah dicor.

Karena itulah, pemilik akun lantas mengusulkan agar menyediakan sepeda motor roda tiga untuk dijadikan semacam ambulans darurat, dengan harapan bisa mengatasi jika ada situasi seperti ini.

Kondisi jalan memang sempit nggak bisa masuk mobil ambulance. Tapi motor roda tiga sepertinya bisa. Jadi memungkinkan di daerah daerah yang kondisi jalannya sempit disediakan ambulance motor roda tiga,” ungkapnya melanjutkan.

Tampak bilah bambu itu dibawa oleh dua orang pria dewasa, sementara beberapa warga lain mengikuti untuk menyediakan cahaya dengan memakai lampu senter. Sesekali pula mereka bergantian apabila dirasa sudah terlalu lelah menandu ibu melahirkan tersebut.

Apalagi karena masalah seperti ini kerap dijumpai di berbagai wilayah Indonesia, terlepas sudah 77 tahun merdeka dari penjajah dan terus melakukan pembangunan.

Mana Pemda setempat, jangan hanya ongkang kaki dibalik kursi empuk,” kecam warganet.

Di sana gak ada bidan desa, gak ada polindes. Disana letak geografisnya perbukitan, jarak dari rumah ke rumah yang lain jauh,” jelas warganet lain.

Ya Allah kasihan sekali. Salut sama warga yang mau bergotong royong membantu si ibu,” puji warganet.

Siapakah yang salah? Pemerintah yang tidak siapkan akses jalan dan pendukung lainnya, atau masyarakat yang tinggalnya ditempat yang jauh dari pemukiman dan di daerah perbukitan yang juga masuk dalam kawasan hutan,” timpal yang lainnya.

Tanda-tanda Awal Melahirkan

Namun sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan menjelang persalinan, apa saja?