Mahfud MD Tiket Ganjar Pranowo Menangi Pilpres, Tokoh dengan Brand Integritas Paling Populer

Radar Utama – Menko Polhukam, Mahfud MD , dinilai bisa mengantarkan bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo kepada kemenangan di Pilpres 2024. Mahfud disebut punya modal kepercayaan rakyat yang kuat sehingga memberikan dampak elektoral berarti bagi Ganjar.

Penilaian itu datang dari Pengamat Politik sekaligus Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad. Menurutnya, kualitas persona Menko Polhukam di mata publik punya potensi besar untuk mendorong pesat citra atau brand image Ganjar Pranowo .

Pasalnya, selama ini Mahfud MD dikategorikan bersih dan jujur oleh masyarakat. Terutama beberapa tahun belakangan ketika maraknya pencederaan hukum di Indonesia, Mahfud selalu menjadi tokoh yang muncul dengan kecenderungan memihak kepada rakyat.

ADVERTISEMENT

“Branding integritas ini penting, karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas,” kata Saidiman, dalam keterangannya, Minggu, 24 September 2023.

Dia menambahkan, dari sekian jumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Mahfud MD adalah salah satu tokoh paling populer saat ini. Tak hanya itu, ia juga salah satu yang paling ‘diterima’ oleh publik dengan baik.

“Nama-nama lain yang selama ini juga potensial mulai tereliminasi berdasarkan signal dari elite PDI Perjuangan ,” ujar Saidiman.

Penilaian Mahfud sebagai kunci kemenangan Ganjar, kata Saidiman utamanya menilik sejarah keduanya yang berkelindan. Ia mencontohkan, sebelumnya PDI Perjuangan punya kecenderungan mengambil tokoh NU sebagai cawapresnya.

“Misalnya, di Pemilu 2019, K.H. Ma’ruf Amin akhirnya dipilih menjadi cawapres Jokowi,” kata dia.

Selain itu, lantaran tak ada koalisi resmi, PDI Perjuangan lebih leluasa untuk mengajukan bakal cawapres, tanpa perlu dukungan ekstra partai politik lain. Kondisi itu membolehkan PDI Perjuangan untuk sekehendaknya memilih pendamping Ganjar, meski sosoknya berasal dari luar partai politik.

Terlebih saat ini semakin kencang kabar Mahfud menjadi target prioritas PDIP sebagai pelengkap bacapresnya. Jika benar PDIP akan melabuhkan pilihan pada tokoh luar partai, maka pejabat yang cukup kompetitif baginya adalah Mahfud MD .

Bukan hanya sejarah yang bergesekan dengan kubu Ganjar, secara aspek sosiologi pun, Saidiman menilai sosok Mahfud MD mampu melebarkan ceruk dukungan bagi Ganjar Pranowo di Jawa Timur, yaitu wilayah asal Menko Polhukam. ***

error: Content is protected !!