Ridwan Kamil: Mimpi Indonesia Juara Bisa Gagal kalau Kita Suka Bertengkar

radarutama.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, mimpi menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang juara pada 2045 dapat gagal apabila masyarakatnya suka bertengkar.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, masyarakat Indonesia kerap bertengkar soal perbedaan pilihan politik. Padahal siapa yang terpilih sebagai wali kota hingga presiden telah ditakdirkan oleh Tuhan

“Mimpi Indonesia yang juara 2045 gagal kakau kita suka bertengkar. Beda pilpres bertengkar, padahal Allah sudah tahu, sudah menakdirkan,” kata Emil dalam acara Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

“Siapa yang dipilih jadi Wali Kota Bogor, siapa yang dipilih jadi Gubernur Jawa Barat, siapa yang dipilih jadi Gubernur DKI, 2024 siapa presiden, Allah sudah tentukan di kitab ketetapan, kita tinggal menjemput,” ujar dia.

Dalam hal ini, Emil mengingatkan kepada para pendukung atau konstituen agar cara menjemput takdir tersebut dilakukan dengan baik.

Ia berpandangan, kontestasi demokrasi mesti dimaknai untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, bukan dengan mengumbar aib atau keburukan lawan politik.

“Jadikan pemilu itu seperti PON, 5 tahun sekali kita bertanding, sliding tackle apa, setelahnya medali emas lerak diberikan, kita salaman lagi, kita ngopi lagi, kita berteman lagi. Jangan baperan jadi konstituen,” kata Emil.

Mantan Wali Kota Bandung itu pun berpesan kepada generasi Z agar pertengkaran akibat perbedaan pilihan politik tidak terulang lagi di masa depan.

“Saya harapkan generasi Z ini memahami itu, kami lelah bertengkar jangan diulangi. Kita doakan, percaya Tuhan sudah menentukan siapa yang jadi pemimpin,” ujar Emil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *