radarutama.com – “Olahraga bukan sekadar gaya hidup dan latihan fisik belaka, melainkan instrumen untuk menanamkan jiwa dan karakter yang tangguh, memelihara semangat untuk menjadi pemenang, serta menjaga optimisme untuk maju,” tulis Jokowi di akun Twitter resminya, @jokowi

Unggahan tersebut juga disertai dengan gambar berisi beragam cabang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, balap sepeda, karate dayung, dan renang.

Tanggal 9 September telah ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional atau Haornas. Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September ini melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Haornas adalah wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga. Penetapan Haornas juga tidak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948 silam.

Tahun ini, tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 adalah ‘Bersama Cetak Juara’. Kata bersama bermakna untuk mencetak juara sesuai dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.