Resmi, Dua Cabor Terima Bantuan Dana dari Kemenpora untuk Olimpiade

Radar Utama – Pemerintah melalui Kemenpora memberi bantuan dana ke 13 cabang olahraga (cabor) yang akan mengikuti kualifikasi olimpiade.

Sebelumnya, Kemenpora telah melakukan penandatanganan kerja sama tersebut dengan 11 cabang olahraga.

Hari ini, Kamis (29/2/2024) kembali dilakukan penandatanganan tersebut dengan dua cabang olahraga yaitu dengan PB PODSI (Dayung) dan PB PERBAKIN (Menembak).

PB PODSI diwakili oleh Sekjen diwakili oleh Sekjen Edy Suyono. Sedangkan PB PERBAKIN dihadiri langsung oleh Ketua Umum Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto.

Proses penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

“Hari ini Kemenpora melakukan PKS terkait bantuan pemerintah dengan PB. PODSI yang dihadiri oleh Sekjen dan PB PERBAKIN langsung oleh Ketua Umum,” ujar Dito Ariotedjo.

“Penandatanganan ini untuk memberikan dukungan kepada cabor yang tengah mengikuti kualifikasi ke Olimpiade 2024 Paris,” kata Menpora Dito menambahkan.

Dana bantuan yang didapatkan oleh PB PODSI adalah sebesar Rp 13.922.468.400, sementara PB. PERBAKIN senilai Rp 5.911.385.000.

Menteri termuda dalam kabinet ini berharap dukungan dana yang diberikan Kemenpora kepada cabor ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meloloskan atlet sebanyak mungkin ke Olimpiade 2024 Paris nanti.

Hal tersebut diungkapkan langsung saat konferensi pers yang bertajuk Penandatanganan Kerja Sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Induk Organisasi Cabang Olahraga (IOCO) dalam Rangka Pemusatan Latihan Nasional untuk Persiapan Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

“Saya harap dukungan pemerintah ini bisa bermanfaat untuk cabor agar bisa meloloskan atlet sebanyak mungkin di Olimpiade 2024 Paris nanti.”

“Harapan kami bisa mempertahankan medali emas, syukur-syukur bisa melebihi.”

“Saya yakin dukungan yang sudah diberikan Kemenpora kepada cabang olahraga dengan melibatkan sport science dan psikologi olahraga membuat persiapan Olimpiade 2024 ini lebih bagus dan bisa mendorong prestasi lebih baik dari sebelumnya,” kata Dito.

Ketua Umum PB PERBAKIN, Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, mengungkapkan kalau dirinya akan mengalokasikan bantuan dana tersebut dengan maksimal guna menambah kemampuan dan jam terbang atlet.

“Saya sudah dipercayakan sebagai Ketua Umum, jadi tugas saya untuk memaksimalkan anggaran tersebut.”

“Tugas saya membawa atlet ke banyak pertandingan ke banyak negara.”

“Semakin banyak bertanding, semakin baik mentalnya. Jadi, tugas kita untuk memberikan atlet berlatih tanding sesering mungkin baik di dalam maupun luar negeri,” tutup Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto.

Sebelumnya ada 11 cabang olahraga yang mendapatkan dukungan anggaran dalam menjalankan pelatnas agar bisa meloloskan atletnya ke Olimpiade 2024 Paris.

11 cabang olahraga tersebut yakni, PB. PABSI (ANGKAT BESI), PB. ISSI (BALAP SEPEDA), PB. PERSANI (SENAM), PP. PERPANI (PANAHAN), PP. PBVSI (VOLI PANTAI), PB. TI (TAEKWONDO), PP. PBSI (BULUTANGKIS), PB. PSOI (SELANCAR), PB. PJSI (JUDO), PB. PASI (ATLETIK), dan AKUATIK INDONESIA.

error: Content is protected !!