Tour of Baturraden Siap Manjakan Pesepeda dengan Keindahan Alam Jawa Tengah

Radar Utama – Kegiatan bersepeda menjajal daerah Jawa Tengah ini hadir pertama kalinya dengan rute yang yang menarik.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Bekatesese, sebuah komunitas pegiat olahraga bersepeda di Jakarta.

Selain Bekatesese, kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Nantinya, Tour of Baturraden dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Jagal Demit (race, 127,8 km, 1.840 m elevation gain) dan Gontai (non-race, 105,84 km, 1.107 m elevation gain).

Sebagai informasi, pada 2023 lalu Bekatesese sukses menyelenggarakan acara bersepeda Tour De Borneo yang melintasi tiga negara.

Tiga negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam dengan jarak tempuh 1.400 kilometer.

Dengan itu, Bekatesese kali ini bertujuan untuk memperkenalkan cagar alam indonesia dan memberikan tantangan dan keseruan kepada para peserta baik atlet maupun pegiat olahraga sepeda.

“Kegiatan ini dibuat untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda dengan rute yang cukup menantang,” ujar Ketua Umum Bekatesese, Indro Purwanto.

Perjalanan dimulai dari Menara Pandang Teratai di Kota Purwokerto, Jawa Tengah untuk kemudian melintas rute berkelok-kelok yang dilatarbelakangi oleh pemandangan alam nan indah.

Melintasi Kabupaten Banyumas dan mengunjungi daerah wisata Baturraden akan menjadi suguhan yang tak terlupakan bagi para peserta.

Terdapat empat pitstop di sepanjang rute, baik race maupun non-race, yang memberikan peserta kesempatan untuk rehat sejenak sebelum meneruskan kembali rute yang telah ditentukan.

Selain itu, Bekatesese juga menyiapkan support car, ambulans dan technical support untuk mendukung keamanan dan kenyamanan bagi para peserta.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra, mengatakan dengan terselenggaranya kegiatan Tour of Baturraden diharapkan dapat turut mempromosikan keindahan serta keragaman potensi pariwisata, budaya, kuliner, dan olahraga khususnya sport tourism.

Hal ini diungkapkan langsung saat konferensi pers The Launching of Tour Baturraden, yang diselenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (29/2/2024)

”Kami merasa bangga bahwa kegiatan Tour of Baturraden ini dapat diwujudkan. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menampilkan keindahan alam sekaligus budaya dan kuliner lokal yang khas melalui acara bersepeda skala nasional,” ujar Setia Rahendra.

“Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas akan memberikan pengalaman bersepeda tersendiri baik kepada atlet dan pegiat olahraga sepeda,”

“Selain itu, kehadiran bermacam makanan dan minuman khas setempat memanjakan lidah para peserta,” kata Indro menambahkan.

Bagi atlet dan pegiat olahraga bersepeda, pendaftaran early bird dimulai kembali pada 29 Februari 2024, yang bertepatan dengan press conference Tour of Baturraden.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://tourofbaturraden.com/.

Pengambilan racepack bagi para peserta dilakukan pada Jumat, 24 Mei 2024 di Menara Pandang Teratai.

Di lokasi yang sama, Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan expo UMKM kuliner pada 23 – 26 Mei 2024.

Tour of Baturraden turut melibatkan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Ikatan Alumni Minerba, Technobike, dan Sub Jersey sebagai official jersey Tour of Baturraden.

error: Content is protected !!