radarutama.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) berharap industri olahraga di Tanah Air tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi, tetapiberkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat meresmikan Pembukaan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat malam, sebagaimana siaran pers yang diterima.

“Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi. Namun lebih dari itu, kita ingin membangun industri olahraga yang dapat menyumbang pada pertumbuhan ekonomi. Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih,” ujar Ma’ruf Amin.

Ma’ruf menuturkan bahwa semangat membangun keolahragaan nasional harus terus digelorakankarena memberikan banyak makna dalam kehidupan, di mana olahraga mampu menyatukan perbedaan karena mengusung kesetaraan.

Lebih dari itu, sambung Wapres, olahraga mampu membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerja sama yang seluruhnya berguna dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia,” ujarnya.

Dia menilai tema Haornas tahun ini“Bersama Cetak Juara”menjadi ajakan bagi segenap bangsa Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga.

“Para generasi muda, ayo terus bergerak, semangat berolahraga. Para orang tuajangan kalah dengan pemuda. Bersama kita jadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat,” ajaknya.

Kepada para pendidik dan pelatih, Wapres meminta agar terus serius memunculkan bibit talenta olahraga nasionalagar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia.

Untuk itu, Wapres kembali menekankan pentingnya pemanfaatan sports science secara serius agar para atlet semakin berprestasi.

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional,” pungkasnya.