50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th Harley Davidson Club Indonesia Siap Digelar di Pangandaran

radarutama.com – Perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) siap digelar di Kabupaten Pangandaran, 26 dan 27 Mei 2023 dengan dukungan Super Adventure.

Wingday merupakan acara besar yang bersejarah di kawasan Asia dan jadi kebanggaan Indonesia untuk dunia, karena tidak hanya dihadiri oleh penggemar Harley Davidson dari Indonesia, tapi juga dari Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.

Kegiatan Wingday pertama kali dilaksanakan pada tahun 1973, dan berlanjut menjadi agenda rutin yang diselenggarakan lima tahunan oleh HDCI Bandung.

Ketua HDCI Bandung Glenarto menjelaskan, perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 akan diisi dengan serangkaian kegiatan yang dapat diikuti para penggemar motor Harley Davidson. Salah satunya adalah Harley Davidson Classic Rally.

Pesertanya adalah mereka yang menggunakan Harley Davidson klasik keluaran pabrik 1940-an dan batas maksimal keluaran pabrik tahun 1984.

Titik start Harley Davidson Classic Rally ditentukan untuk wilayah barat di Gedung Sate, Kota Bandung sebanyak 140 orang dan titik start HD Classic Rally ditentukan untuk wilayah timur di Magelang, Jawa Tengah sebanyak 94 peserta.

“Di akhir perjalanan, para peserta rally akan diberikan wing berlapis emas. Wing Kehormatan yang berbentuk pin berlapis emas hanya diberikan kepada peserta rally yang terdaftar dan menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanan dari tempat start sampai garis akhir di Pangandaran,” ungkap Glenarto pada konfrensi pers di Plataran Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu, 20 Mei 2023.

Selain Harley Davidson Rally Classic, ada pula Gentleman Race yaitu balap motor Harley Davidson Classic di atas pasir Pantai Pangandaran. Terakhir, diadakan juga Drag Race Harley Davidson di sepanjang jalan pintu keluar kawasan Pantai Pangandaran.

Menurut Glenarto, lokasi kegiatan terpusat di Pantai Turis Pangandaran yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 4.000 bikers.

Di dalam lokasi tersebut akan hadir juga UMKM produk unggulan warga Kabupaten Pangandaran serta hiburan yang dapat menggenjot angka pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Pangandaran.

“Kami berharap, Wingday bisa lestari sampai anak cucu dan HDCI menjadi tonggak sejarah hobi motor klasik. Selain itu, semoga apa yang kamj lakukan memberikan efek dan manfaat ke masyarakat. Semoga pelaksanaan Wingday bisa dilakukan tertib, aman, dan zero accident,” ucap Glenarto.

Ketua Pelaksana Aria Ramawidjaja mengatakan, 50th Golden Memorial Wingday menjadi bermakna dalam karena bisa mencapai 50 tahun.

Menurut Aria, cikal bakal Wingday dimulai dari kegiatan Road to Pangandaran.

“Dulu jalannya jelek, bisa sehari kalau touring. Dari situ, berikutnya bikin gathering dengan keluarga. HDCI kemudian lahir pada 1990. Seiring berjalan waktu, Pangandaran selalu menjadi tujuan utama, khususnya ketika Wingday,” ujar Aria. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!