radarutama.com – Aki atau baterai merupakan komponen utama untuk menghidupkan mesin pada mobil. Tanpa aki , maka mobil tidak akan bisa hidup dengan mudah, bahkan ada tipe mobil yang tidak bisa hidup sama sekali.

Hal tersebut membuat aki perlu dijaga agar selalu awet , sehingga berkendara menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk membuat aki lebih awet, salah satu caranya yaitu mengubah cara berkendara. Simak tutorial berkendara berikut!

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan usia aki bisa menjadi lebih awet jika dalam berkendara memperhatikan hal-hal kecil yang berkaitan dengan perangkat listrik.

“Biar aki awet, saat berkendara perlu memperhatikan perangkat listrik yang digunakan, berlebihan atau tidak, ketika mobil berhenti seperti mau parkir, pastikan mematikan AC sebelum lepas kunci, pastikan semua kelistrikan mati langsung dari sakelarnya,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Dia mengatakan beban perangkat listrik yang terlalu berat akan membuat aki bekerja terlalu keras, dan cenderung dalam keadaan tidak terisi penuh.

“Bila kondisi aki tidak penuh, ketika digunakan memutar motor starter maka aki akan berpotensi drop, ini merugikan karena biasanya dicoba beberapa kali untuk menyalakan mobil, itu cukup akan semakin menguras daya aki,” ucap Alfiyan.

Dia mengatakan ketika perangkat listrik tidak dimatikan secara total lewat saklar, maka aki cenderung mudah drop karena ada beban yang harus ditanggung oleh aki selama mobil mati atau parkir.

“Beban yang kecil tersebut, lama kelamaan akan terakumulasi sehingga menyebabkan aki drop,” ucap Alfiyan.

Jadi, saat berkendara perlu memperhatikan perangkat elektronik yang terpasang pada mobil, apakah sesuai dengan kemampuan aki atau tidak. Selain itu juga perlu memastikan semua perangkat listrik terputus dari saklar ketika mobil mau parkir atau berhenti.