radarutama.com – Mobil otomatik dibekali transmisi P untuk keperluan parkir . Tapi khusus untuk parkir di tanjakan, penggunaan gigi P tidak cukup harus disertai rem parkir atau balok.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan gigi.

“Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock, mekanisme ini akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir,” kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi mengatakan, penggunaan gigi P pada saat parkir di tanjakan tidak berpengaruh terhadap mesin kendaraan. Hal ini dikarenakan mobil matik tidak menggunakan kopling melainkan torque converter.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, selain menggunakan rem tangan cara lain saat parkir di tanjakan agar mobil tidak mundur atau turun yakni dengan membelokkan ban.

Jika pada saat parkir di pinggir jalan terdapat trotoar, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir di tanjakan.

Pada saat hal itu terjadi, mobil tidak akan langsung melorot ke bawah karena ban kiri depan akan menahan bebab kendaraan tersebut dengan trotoar. Hal ini juga bermaksud untuk meringankan kerja dari rem tangan.