radarutama.com – Pemerintah berencana untuk membatasi penggunaan Pertalite dalam waktu dekat ini.

Muncul wacana di September 2022 bahwa Pertalite akan dilarang pada mobil dengan kapasitas mesin 1.400 CC ke atas.

Dengan kebijakan ini, maka mobil-mobil bermesin 1.400,1.500, dan ke atasnya tak boleh lagi mengisi BBM subsidi dari pemerintah tersebut.

Jelas sudah kalau kebijakan ini akan memberikan dampak pada berbagai produsen otomotif, salah satunya Daihatsu . Mengapa demikian?

Banyak produk dari Daihatsu Indonesia yang memiliki mesin di atas 1.400 CC. Salah satunya bahkan produk terlaris yang mereka jual. Produk apa itu?

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Daihatsu pada Jumat, 9 September 2022, setidaknya dengan kebijakan ini, beberapa produk terlaris dari Daihatsu dipastikan sudah tak bisa lagi konsumsi Pertalite .

Misalnya adalah Daihatsu Xenia (kecuali yang 1,3 liter) dipastikan tak boleh lagi mengisi BBM jenis Pertalite .

Selain itu mobil-mobil seperti Daihatsu Gran Max (1,5 liter) dan Daihatsu Terios (1,5 liter) juga akan dilarang untuk mengisi BBM jenis ini.

Tetapi, ada juga beberapa mobil Daihatsu yang masih diperbolehkan untuk mengisi Pertalite jika nanti kebijakan sudah diberlakukan.

Mobil-mobil tersebut adalah low cost green car (LCGC) dari Daihatsu Indonesia yang masih eksis hingga saat ini. Produk apa saja itu?

Daihatsu SirionDaihatsu Rocky 1.0Daihatsu Rocky 1.2Daihatsu Ayla

***