radarutama.com – olda Metro Jaya menyiagakan sedikitnya 8.350 personel pengamanan untuk aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak ( BBM ) sebesar 34 persen, yang tersebar di tiga titik pada hari ini, Jumat (9/9/2022) siang.

Tiga titik tersebut mencangkup kawasan Gedung DPR/MPR RI, Patung Kuda dan Istana Merdeka, serta kantor LBH Menteng, Jakarta Pusat.

“Hari ini sesuai pemberitahuan ada beberapa kelompok elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait BBM di DPR/MPR, Patung Kuda (termasuk Istana Merdeka), dan LBH,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat.

Beberapa elemen masyarakat dimaksud ialah komunitas ojek online (ojol) dan sejumlah mahasiswa, dengan membawa tuntutan atau tujuan sama yaitu agar BBM tidak dinaikkan.

Kemudian diakui Zulpan ada juga elemen masyarkat yang tidak memberitahu petugas. Sehingga berbagai langkah antisipatif diambil guna kelancaran kegiatan terkait seperti merekayasa lalu lintas .

“Untuk perkuatan pengamanan kita turunkan sebanyak 8.350 personel,” kata dia.

Meski ada rekayasa lalu lintas , Zulpan memastikan tidak ada penutupan ruas jalan selama demo berlangsung. Sehingga diharapkan masyarakat yang hendak beraktifitas di sekitarnya tidak terhambat.

Adapun rekayasa lalu lintasnya, bersifat situasional alias tergantung kondisi di lapangan. Lebih jauh, berikut rekayasanya;

Rekayasa lalu lintas di wilayah Istana Merdeka Jakarta;

1. Arus lalu lintas yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni

2. Arus lalu lintas dari Jl Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda

3. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju Bunderan Patung Kuda di belokkan ke kiri atau kanan menuju Jl Kebon Sirih

Rekayasa lalu lintas di kawasan Senayan dan DPR/MPR RI;

1. Arus lalu lintas yang dari Jl Gerbang Pemuda menuju Jl Gelora dibelok ke kiri Jl Asia Afrika

2. Arus lalu lintas yang dari Jl Gerbang Pemuda yang akan belok ke kiri Jl Gatot Subroto arah barat, putar balik di kolong layang Ladogi

3. Arus lalu lintas yang dari Jl Gatot Subroto yang akan menuju Gedung DPR/MPR RI dibelok ke kiri Jl Gerbang Pemuda