radarutama.com – Ratu Elizabeth II dikabarkan telah menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022). Meski seorang ratu, tapi beliau memiliki selera yang tinggi untuk urusan mobil.

Ratu Elizabeth mengoleksi beberapa mobil di kediamannya. Ratu juga beberapa kali terlihat mengendarai langsung mobil koleksinya tersebut.

Dikutip dari , Jumat (9/9/2022), Ratu Elizabeth paling sering terlihat sedang mengendarai Land Rover Defender di sekitaran Sandringham. Beberapa merek mobil lainnya, seperti Bentley , Rolls-Royce , Range Rover , Jaguar , Daimler , dan lainnya, yang semuanya buatan Inggris.

Ratu juga disebutkan sebagai satu-satunya orang di Inggris yang tidak membutuhkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebab, beliau pernah bertugas sebagai mekanik pada Layanan Teritorial Pembantu Wanita pada masa Perang Dunia II, dengan mengendarai ambulans.

Berikut ini daftar koleksi mobil Ratu Elizabeth II:
Land Rover

Ratu Elizabeth memiliki kecintaan yang lebih terhadap Land Rover. Disebutkan bahwa dia memiliki lebih dari 30 model Land Rover, mulai Series 1 hingga Defender terbaru. Beliau pernah melakukan tur selama enam bulan menggunakan Series 1 pada 1953.

Daimler

Salah satu koleksi Ratu Elizabeth II adalah Daimler Super V8 LWB (Long Wheelbase). Mobil tersebut dibekali juga dengan perangkat komunikasi di dalamnya. Selain itu, ada juga Daimler Double Six 1984.

Rolls-Royce

Ratu Elizabeth II memiliki Rolls Royce Phantom V dan VI pada era 1950-an dan 1960-an. Namun, jarang sekali terlihat dirinya sedang mengendarai kedua mobil tersebut.

Aston Martin

Ratu Elizabeth dan Pangeran Phillip membeli Aston Martin DB6 Volante tahun 1965 sebagai hadiah ulang tahun ke-21 untuk Pangeran Charles. Mobil tersebut dikonversi agar bisa menggunakan bahan bakar bioetanol pada 2008 oleh Pangeran Charles. Selain itu, Ratu Elizabeth juga pernah memiliki Aston Martin Lagonda DHC.

Bentley

Ratu Elizabeth disebutkan pernah membeli Bentley Bentayga pada 2016. Selain itu, ada juga limosin Bentley. Dia memiliki dua mobil Bentley paling eksklusif di dunia. Kedua mobil tersebut sudah dilengkapi dengan bodi dan kaca anti-peluru, ban yang tahan ledakan, dan lampu strobo, serta kabinnya juga bisa dibuat kedap agar terlindung dari serangan gas.

Jaguar

Saat sedang tidak berdinas, Ratu Elizabeth terlihat beberapa kali mengendarai Jaguar XE ke gereja. Dia juga memiliki Jaguar Estate berwarna Racing Green di garasinya.

Vauxhall

Tak sedikit yang terkejut ketika mengetahui Ratu Elizabeth juga memiliki beberapa model Vauxhall, seperti Cresta PA Friary Estate di tahun 1960-an. Selain itu, ada juga Insignia dan Omega.