radarutama.com – Berdasarkan perawatannya, jenis aki ada ada dua, aki basah dan aki bebas perawatan . Aki bebas perawatan banyak beredar di pasaran karena identik dengan perawatannya yang praktis.

Bahkan sebagian orang beranggapan aki bebas perawatan berarti tidak membutuhkan perawatan sama sekali.

Lantas, apakah benar aki bebas perawatan tidak membutuhkan perawatan sama sekali?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan aki maintenance free (MF) atau bebas perawatan bukan berarti tidak membutuhkan perawatan sama sekali, aki tetap membutuhkan perawatan pada faktor penunjangnya.

“Aki maintenance free (MF) atau bebas perawatan memang akinya tidak perlu dirawat , tapi faktor-faktor yang lainnya perlu, seperti kebersihan kepala aki, kekencangannya, dan pemakaian perangkat listrik perlu diperhatikan cara pengoperasiannya,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Dia mengatakan kepala aki yang kotor atau terminal yang kendur dapat menghambat arus listrik, sehingga perlu dibersihkan dan diperiksa secara rutin agar aki awet.

“Bila arus listrik terhambat, maka proses pengisian tidak akan maksimal, hal itu akan membuat aki cepat drop, begitu juga saat awal start, beban dari motor starter besar ditambah hambatan dari kotoran atau terminal kendor maka biasanya tidak akan kuat,” ucap Alfiyan.

Jadi, biar pun tipe aki bebas perawatan tetap membutuuhkan perawatan pada sektor penunjangnya agar aki berusia panjang.