radarutama.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU ) menjadi fasilitas yang paling dibutuhkan bagi setiap pengendara kendaraan bermotor untuk kelangsungan mobilitas .

Namun, naiknya harga BBM di SPBU Pertamina menimbulkan protes dari masyarakat. Kenaikan harga BBM membuat pengendara mau tidak mau harus merogoh kocek dalam untuk anggaran pengisian bahan bakar .

Maka dari itu, berbagai cara alternatif dijadikan pilihan untuk mengatasi kenaikan BBM, salah satunya dengan mencari SPBU selain Pertamina.

Berikut beberapa SPBU yang ada di Indonesia selain Pertamina yang berhasil Kompas.com rangkum:

1. SPBU Shell

Shell mulai mengoperasikan SPBU di Indonesia sejak 1 November 2005. Berdasarkan situs resminya di www.shell.co.id, SPBU ini telah membangun lebih dari 170 SPBU di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur dan Sumatera Utara dengan lebih dari 300 karyawan.

Shell merupakan perusahaan minyak internasional pertama yang terjun dalam bisnis ritel BBM setelah 40 tahun.

SPBU Shell Indonesia menyediakan lima jenis BBM yakni Shell Super, Shell V-Power, Shell V-Power Diesel, Shell Diesel Extra dan Shell V-power Nitro+.

2. SPBU BP

SPBU ini merupakan salah satu perusahaan energi terpadu dari perjanjian usaha patungan antara BP dan AKR pada 5 April 2017 . Usaha patungan ini membentuk sebuah perusahaan, PT Aneka Petroindo Raya (APR) yang beroperasi dengan nama BP AKR Fuels Retail.

Melansir dari situ resminya di www.bp.com, Jumat (9/9/2022) SPBU ini menawarkan tiga tingkatan bensin yakni BP90, BP92 dan BP95. Masing-masing mengandung teknologi Active untuk melindungi mesin mobil dan sepeda motor terhadap penumpukan kotoran sehingga mempertahankan performa kendaraan.

SPBU ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet, mushala, WiFi , tempat parkir baik untuk mobil dan sepeda motor, udara dan air, café dan restoran.

3. SPBU Vivo

Nama SPBU Vivo populer usai menyediakan BBM dengan harga murah ditengah kenaikan harga BBM. SPBU Vivo sendiri merupakan perusahaan Swiss yang resmi masuk ke Indonesia pada 2017.

Di SPBU Vivo menjual tiga jenis bahan bakar yaitu Revvo 89, Revvo 90, dan Revvo 92. Untuk lokasi SPBU Vivo berada di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

4. SPBU Exxon Mobil

Berbeda dengan SPBU lainnya, SPBU Exxon hadir dengan konsep jenis SPBU Mini. BBM yang di jual oleh SPBU Exxon hanya Ron 92 yang nilai oktannya setara Pertamax.

SPBU yang berasal dari Amerika Serikat ini secara resmi beroperasi di Indonesia sejak 2019. SPBU Exxon Mobil mengganding Salim Group melalui PT Indomobil Prima Energi.