radarutama.com – Toyota GR86 dibekali dengan mesin boxer , sama seperti Subaru BRZ . Tapi, belum lama ini Toyota diketahui menyematkan mesin turbo pada sedan sport tersebut.

Dikutip dari , Jumat (9/9/2022), Toyota meminjam mesin GR Corolla dan dibenamkan pada GR86. Sayangnya, mobil ini tidak akan dijual, melainkan hanya untuk kepentingan pengembangan semata.

GR86 dengan mesin turbo ini dikembangkan oleh Gazoo Racing , divisi motorsport Toyota. Mesin yang digunakan berkode G16E-GTS, yakni mesin 1.6 L turbocharged, 3-silinder, yang menghasilkan tenaga 300 tk.

Kepala Teknisi Gazoo Racing Naoyuki Sakamoto, mengatakan, penggunaan mesin turbo pada GR86 adalah untuk mengetes dan mengembangkan bahan bakar sintetis .

Seperti diketahui, Toyota memang sedang mengembangkan bahan bakar sintetis sebagai alternatif dari bahan bakar minyak (BBM).

Pada saat pabrikan lain fokus untuk mengembangkan kendaraan elektrifikasi, seperti mobil listrik, Toyota memang diketahui lebih fokus mengembangkan bahan bakar tanpa emisi yang cocok dengan mobil performanya.

Meski disebutkan ini hanya untuk kepentingan tes semata, tapi Sakamoto mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan menyematkan mesin G16E pada GR86.

“Iya, kami memikirkan untuk masa depan tentang kemungkinan menggunakan mesin tersebut, tapi tidak ada rencana konkret untuk sekarang ini. Untuk sekarang, kami hanya menggunakannya untuk mengembangkan bahan bakar karbon netral ,” ujar Sakamoto.

GR86 dengan mesin turbo ini akan digunakan untuk balap juga. Mobil ini akan turun di Super Taikyu di Jepang. Sebab, menurut Sakamoto, ajang balap adalah tempat yang tepat untuk melakukan eksperimen pada ide-ide baru, termasuk dengan menguji ketahanannya.