radarutama.com – Yamaha resmi meluncurkan Yamaha YZF-R1 GYTR Pro. Superbike ini hadir khusus untuk pecinta kecepatan karena hanya boleh digunakan untuk di sirkuit balap alias track only.

YZF-R1 GYTR Pro 2003 menyusul kehadiran R6 versi track only yang meluncur tahun lalu. Sebagai pengganti R6 jalan raya yang disuntik mati Yamaha dan digantikan R7 karena regulasi knalpot baru Euro 5.

Sesuai namanya R1 GYTR Pro, model khusus ini mendapat sentuhan dari GYTR atau Genuine Yamaha Team Racing, departemen manajemen motorsport yang langsung berada di bawah Yamaha.

Selain tak lagi dilengkapi lampu dan sein, motor ini dibekali komponen khusus balap yang pada dasarnya mirip dengan R1 yang dipakai pebalap WorldSBK R1. Tercatat ada 25 bagian yang berbeda dengan R1 biasa.

Lengan ayun berbeda dengan versi standar. Rasio gear juga disesuaikan untuk balap. Ban standar memakai Bridgestone R11 yang memberikan traksi lebih baik.

Subframe belakang pakai GTTR Pro Carbon, cover GYTR Pro Carbon, dashboard GYTR Pro. Kabel rem, kit elektronik Marelli, kit kaliper rem Airducts, bantalan rem Brembo Z04, dan shock depan Ohlins FGR400.

Radiator GYTR Pro, MB, handbrake handguard, kopling GYTR Pro. Knalpot full system dari Akraprovic tanpa katalis. Knalpot ini disebut menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Mesin R1 standar berkapasitas 999cc, 4-silinder, CrossPlane menggunakan ECU baru yang dikembangkan dari ajang WorldSBK. Kelistrikan standar juga dikombinasikan dengan kabel khusus.