radarutama.com – Jaringan ritel video game GameStop kini menjual “voucer” kripto di sebagian outlet mereka. Ini adalah bagian dari kerja sama GameStop dengan perusahaan bursa kripto FTX.

Dalam siaran pers singkat yang dirilis GameStop, detail soal kerja sama antara GameStop dan FTX tidak dipaparkan dengan spesifik. GameStop hanya menyatakan, “kemitraan ini bertujuan untuk memperkenalkan pelanggan GameStop ke komunitas FTX dan marketplace aset digital”.

Sat hal konkret yang diumumkan adalah beberapa toko milik GameStop di Amerika Serikat kini menjual voucer FTX. GameStop juga ditetapkan sebagai “partner ritel pilihan” FTX di AS, yang bisa menjadi sinyal bahwa FTX berencana menjual produk-produk lain lewat GameStop.

Kerja sama dengan FTX menandai upaya GameStop untuk serius menekuni bisnis kripto. Sebelumnya GameStop telah meluncurkan marketplace online untuk NFT dan dompet kripto.

Saat mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal, CEO GameStop Matt Furlong fokus memaparkan rencana perusahaan di blockchain.

Namun menurut The Verge, kerja sama antara kedua perusahaan juga didorong oleh masa kelam industri kripto yang disebut sebagai crypto winter. Harga aset digital anjlok sejak awal tahun. Bahkan, CEO FTX Sam Bankman-Fried terlibat dalam berbagai upaya untuk “menyelamatkan” perusahaan kripto yang bangkrut seperti Voyager dan BlockFi.

FTX sedang agresif menggandeng perusahaan lain ke dalam ekosistem kriptonya. Selain GameStop, FTX juga bekerja sama dengan Reddit. FTX juga mengucurkan jutaan dolar Amerika Serikat untuk promosi seperti beriklan di siaran langsung Super Bowl dan membeli hak nama stadion kandang tim basket Miami Heat senilai US$135 juta.