radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris di Kastil Balmoral, Skotlandia. Kepala Kerajaan Inggris yang telah bertakhta selama 70 tahun itu wafat di usia 96 tahun.

Selama masa hidupnya, apa pun yang menyangkut atau dilakukan Ratu Elizabeth II selalu menjadi berita.

Misalnya, saat Ratu mengemudi mobil atau naik kereta, ketika kuda poni piaraan sang Ratu mencoba memakan bunganya, atau bahkan ketika sebuah iPod tertangkap kamera mejeng di meja sang Ratu di Kastil Balmoral.

Foto yang dimaksud itu adalah foto ketika Ratu Elizabeth II berjabat tangan dengan Jenderal Sir Peter Cosgrove, Gubernur Jenderal Australia, selama pertemuan pribadi di Kastil Balmoral pada September 2017.

Dalam foto tersebut, terlihat sebuah iPod diletakkan dalam posisi menyandar di atas meja kayu.

Kemunculan foto iPod itu menjadi pembahasan tersendiri. Sebab, sebelum foto iPod itu dilihat luas oleh publik, cerita Ratu Elizabeth II dengan pemutar musik buatan Apple itu ternyata sempat menjadi misteri bahkan perbincangan antara warga Inggris dan Amerika Serikat.

Jadi misteri selama bertahun-tahun

Sebelum foto iPod di Kastil Balmoral tersebar, kepemilikan iPod oleh Ratu Inggris sejak 1952 itu menjadi misteri selama bertahun-tahun.

Pada 2005, Ratu Elizabeth II disebut-sebut membeli pemutar musik portabel bikinan Apple, atas saran putranya, Pangeran Andrew, sebagaimana dihimpun dari situs Politico.

Kala itu, iPod yang memulai debutnya pada tahun 2001, memang tengah menikmati popularitas sebagai pemutar musik yang disebut revolusioner.

Menurut cerita populer yang beredar, Ratu Elizabeth II memiliki iPod Mini 6 GB berwarna silver. Masalahnya, kala itu, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa sang Ratu juga membeli pemutar musik portabel yang tengah hit itu.

“Sudah dikenal di kalangan kerajaan selama bertahun-tahun bahwa dia memiliki iPod, tapi saya rasa belum pernah ada yang melihatnya sebelumnya,” kata Claudia Joseph, penulis How to Dress Like a Princess: The Secrets of Kate’s Wardrobe, kepada Vogue.”

Menurut laporan Vogue, pihaknya sampai rela meneliti lebih dari 25.000 foto-foto Ratu dari tahun 2005 hingga 2017 untuk menemukan bukti keberadaan iPod milik sang Ratu.

Namun, ternyata tidak ada satu foto pun yang menunjukkannya keberadaan iPod di sisi sang Ratu. Yang ada, Ratu Elizabeth II hanya tertangkap menggunakan tablet bikinan Apple, iPad.

Presiden Barack Obama hadiahi Ratu sebuah iPod

Kepemilikan iPod oleh Ratu Elizabeth tetap menjadi misteri, setidaknya hingga 2009. Pada 2009, Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama melakukan kunjungan politik, lalu menemui Ratu Elizabeth II.

Biasanya, kedua belah pihak akan saling memberi hadiah kenang-kenangan. Ratu Elizabeth biasanya akan memberikan foto dirinya dan sang suami, Pangeran Philip, yang sudah dibingkai dan ditandatangani.

Sedangkan diplomat atau pejabat yang berkunjung bakal memberikan sesuatu yang dinilai “pantas”.

Ketika itu, Barack Obama memilih menghadiahi Ratu Elizabeth II sebuah iPod. Tak dijelaskan secara spesifik iPod model apa yang diberikan oleh Presiden AS ke-44 itu.

Tak hanya iPod, Obama juga memberikan Ratu hadian berupa buku lagu langka yang ditandatangani oleh Richard Rodgers. Salah satu musikal favorit sang Ratu, yaitu “Oklahoma” karya Rodgers dan Hammerstein.

Namun, langkah Obama memberikan hadiah iPod kepada Ratu Elizabeth II itu dinilai kurang pantas dan tak penuh perhatian oleh sejumlah warga Amerika Serikat.

Sebagian warga AS mengaku malu bahkan sampai meminta maaf kepada orang-orang Inggris.

Namun, sejumlah orang-orang Inggris menilai bahwa hadiah iPod itu tidak menjadi masalah. Karena itu bisa menjadi sesuatu yang baru bagi Ratu.

Pada 2009, pengamat kerajaan juga mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II memang menyukai lagu pertunjukan, penggemar berat musikal, himne tradisional, balada Skotlandia, dan musik yang “mudah” didengar. Namun bukan penggemar musik rap atau pop.

Jadi, iPod pemberian Obama itu dinilai bisa meng-“upgrade” cara ratu menikmati musik-musik favoritnya.

Nah, perangkat iPod yang muncul di foto ketika Ratu Elizabeth II berjabat tangan dengan Jenderal Sir Peter Cosgrove, Gubernur Jenderal Australia, di Kastil Balmoral pada September 2017 itu diyakini merupakan iPod pemberian dari Barack Obama pada 2009.

Menurut laporan Vogue, belum bisa dipastikan iPod model apa yang kedapatan dipajang di Kastil Balmoral itu.

Namun, bila dilihat dari ukuran dan bentuknya, iPod Silver tersebut kemungkinan adalah iPod Classic. Bukan iPod Mini keluaran tahun 2004 yang diyakini lebih dulu dimilik sang Ratu.

iPod Classic sendiri yang pertama kali diperkenalkan pada 2007. Pada 2008-2009, Apple turut merilis iPod Classic varian memori 120 GB dan 160 GB.

Sehingga kemungkinan besar, perangkat iPod silver yang dipanjang di Kastil Balmoral pada foto di atas merupakan hadiah dari Barack Obama yang sempat menjadi perbincangan pada 2009 silam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Town&Country Mag, Jumat (9/9/2022).