radarutama.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate baru saja melangsungkan pertemuan dengan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang, di Rumah Dinas Menkominfo, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Keduanya mendiskusikan tentang kerja sama Indonesia dan China di bidang teknologi, informasi dan komunikasi.

“Hari ini saya bertemu dengan Dubes Tiongkok. Kami mendiskusikan kerja sama Indonesia dan Tiongkok di bidang teknologi, informasi dan komunikasi,” kata Menkominfo di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Lebih lanjut, Menteri Johnny mengatakan Lu juga memberikan dukungan terkait transformasi digital Indonesia.

Dubes menyampaikan akan terus berusaha untuk membantu dimana hal perusahaan-perusahaan dari China yang investasi atau melakukan pekerjaan infrastruktur TIK di Indonesia bisa berjalan dengan baik, dan kerja sama ini terus dibangun.Selain itu, Menkominfo mengatakan diskusinya dengan Dubes Lu pun sangat luas, mulai dari teknologi infrastruktur hulu (upstream) sampai dengan pemanfaatan ruang digital berupa aplikasi informatika.

“Saya tentu berharap kerja sama ini terus bertumbuh dan berkembang dalam rangka mendukung 4G network, tapi juga dalam rangka pengembangan teknologi 5G di Indonesia,” kata dia.

Lu Kang menambahkan, diskusinya bersama Menkominfo berlangsung hangat dan berisi. Salah satu hal penting yang disoroti oleh adalah perkembangan infrastruktur digital dari hulu ke hilir demi mendorong pemulihan ekonomi.”Industri dan ekonomi jadi area yang penting dalam pemulihan ekonomi. Tak hanya itu, kita bisa melihat transformasi digital dan ekonomi digital menjadi salah satu prioritas di bawah arahan Presiden Joko Widodo,” ujar Lu”Bapak Menteri juga memberikan banyak saran dan arahan tentang bagaimana China dan Indonesia bisa melanjutkan pembangunan ini dan tangible. Menteri juga mengatakan pentingnya transformasi dari hulu ke hilir,” pungkasnya.