radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris. Kepala Kerajaan Inggris selama 70 tahun terakhir itu wafat di usia 96 tahun.

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II ini diiringi dengan ucapan duka dari orang-orang di seluruh penjuru dunia, termasuk para pemimpin dan pendiri perusahaan teknologi raksasa dunia.

Pantauan KompasTekno di Twitter pada Jumat (9/9/2022), pendiri Microsoft Bill Gates , CEO Apple Tim Cook , CEO Google Sundar Pichai , hingga pendiri Amazon Jeff Bezos terlihat mengucapkan belasungkawa melalui sebuah akun pribadi mereka masing-masing.

Dalam sebuah twit, Bill Gates mengucapkan “belasungkawa terdalam kepada keluarga kerajaan dan orang-orang Inggris”.

Ia mengaku sedih mendengar kabar kematian Ratu Elizabeth II. Namun, di sisi lain, Bill Gates merasa terhormat karena pernah bertemu dengan Ratu Inggris sejak 1952 itu.

“Saya merasa terhormat telah bertemu dengan Yang Mulia Ratu Elizabeth, dan saya sangat sedih mendengar kematiannya. Belasungkawa terdalam saya kepada Keluarga Kerajaan dan orang-orang Inggris,” tulis Bill Gates melalui akun @BillGates.

Sementara CEO Google Sundar Pichai mengucapkan belangsungkawa sekaligus memuji kepemimpinan Ratu Elizabeth II.

“Mengucapkan belasungkawa terdalam kami kepada orang-orang Inggris dan di seluruh dunia yang berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Kepemimpinannya yang teguh dan pelayanan publiknya telah menjadi hal yang konstan dalam banyak kehidupan kita. Dia akan dirindukan,” twit @sundarpichai.

Dalam sebuah twit, CEO Apple, Tim Cook, turut mengucapkan duka cita sambil mengapresiasi pengabdian Ratu Elizabeth II selama memimpin Kerajaan Inggris selama 7 dekade ini.

“Tidak ada yang lebih mulia daripada mengabdikan hidup Anda untuk melayani orang lain. Kami berdiri bersama rakyat Inggris dan Persemakmuran dalam menghormati kehidupan dan dedikasi untuk tugas Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Semoga dia beristirahat dengan tenang,” twit @tim_cook.

Seperti Tim Cook, pendiri Amazon Jeff Bezos juga menyampaikan duka citanya dengan mengenang Ratu Elizabeth II sebagai contoh sosok yang sempurna dalam menjalankan tugas.

“Saya tidak bisa memikirkan siapa pun yang lebih baik mempersonifikasikan tugas. Belasungkawa terdalam saya untuk semua orang Inggris yang berduka atas kematiannya hari ini,” tulis akun @JeffBezos.

Pantauan KompasTekno pada Jumat pagi waktu Indonesia, tagar (hashtag) Queen Elizabeth bertengger dipuncak Trending Topic Twitter global. Jumlah kicauan yang menyertakan tagar #QueenElizabeth sudah tembus 1,25 juta dan masih terus bertambah.

Kata kunci lain yang berkaitan dengan meninggalkan Ratu Elizabeth II macam “The Crown”, “Royal Family”, hingga “ELIZABETH MENINGGAL” juga terpantau menghiasi Trending Topic Twitter hari ini.