Travel  

Aktivitas Seru Saat Liburan ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

radarutama.com

    11SHARES

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Dream – Tak cuma Batam saja yang terkenal sebagai destinasi wisata di Kepulauan Riau, Sahabat Dream bisa lebih eksplor kota lainnya, lho!

Seperti Tanjung Pinang yang memiliki objek wisata menarik untuk kamu sambangi.

Di Tanjung Pinang, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata tersembunyi yaitu Pulau Penyengat. Pulau ini berjarak sekitar 15 menit dari pelabuhan kuning pelantar penyengat, Tanjung Pinang, dan bisa dicapai menggunakan kapal kayu atau yang kerap disebut kapal pompong.

Sesampainya di Pulau Penyengat, kamu bisa melihat pemandangan Masjid Raya Sultan Riau. Masjid dengan warna kuning dan hijau ini berada di dekat dermaga dan jadi daya tarik utama wisata religi di Pulau Penyengat.

© Shutterstock

Di sini, ada kitab suci Al-Quran yang ditulis tangan dan sepiring pasir yang konon dibawa seorang bangsawan Riau pertama yang menunaikan ibadah haji di Mekkah, yaitu Raja Ahmad Engku Haji Tua.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba permainan tradisional kebanggaan masyarakat sekitar Pulau Penyengat, yaitu Perahu Jong.

Bentuk Perahu Jong sendiri menyerupai miniatur perahu layar yang dimainkan dengan cara meletakkannya di atas laut kemudian dibiarkan bergerak mengandalkan tiupan angin.

Spot Instagramable

Permainan ini biasanya dimainkan secara bersamaan dan berlangsung meriah dengan warna-warni perahu yang cerah.

Setelah bermain puas Perahu Jong, rasanya perut sudah waktunya diisi dengan pilihan kuliner khas Pulau Penyengat seperti Karipap.

Cemilan ringan ini berisi potongan wortel dan kentang yang terkenal sebagai salah satu hidangan sarapan khas Melayu.

© Shutterstock

Selesai mengisi perut, kini saatnya berburu spot foto untuk memenuhi galeri Instagram. Di Tanjung Pinang yang terdapat banyak rumah Melayu dapatkan kamu jadikan latar foto yang diambil secara apik.

Bangunan-bangunan rumah Melayu ini didominasi warna coklat dan kuning keemasan yang menambah kesan mewah dan elegan khas para raja.

Nikmati sunset

Sambil menyelam minum air, traveling ke Tanjung Pinang juga dapat melengkapi pengetahuan tentang adat Melayu serta benda-benda bersejarah yang sudah ada sejak 100 tahun.

Tempatnya yang berada di kawasan pantai, Tanjung Pinang sangat cocok untuk kamu yang suka menikmati senja.

© Shutterstock

Kamu sudah bisa stand by sejak pukul lima sore sehingga kamu bisa menjadi saksi detik-detik terbenamnya matahari sambil menikmati pantulan cahaya di laut biru dan menyantap camilan lezat ala kaki lima di sana.

Sudah kebayang nikmatnya wisata alam di Tanjung Pinang?

Sumber: Indonesia.travel, Laporan: Rena Safira

5 Perlengkapan Praktis yang Harus Dibawa Wisatawan Muslim

Dream – Barang-barang yang biasa dibawa saat traveling didominasi kebutuhan sehari-hari. Sebut saja baju, celana, keperluan mandi, rangkaian perawatan tubuh, dan alat-alat kecantikan buat kaum Hawa.

Namun, beberapa orang tidak menyadari bahwa wisatawan Muslim memiliki tuntutan berbeda agar ibadah selama traveling tak terlewatkan.

Ada beberapa kebutuhan-kebutuhan yang wajib banget diperhatikan umat Muslim baik liburan keluarga, perjalanan bisnis, atau bepergian sendirian.

© Shutterstock

1. Sajadah

Ini adalah salah satu barang yang paling mendasar dan penting untuk kamu bawa sebagai seorang wisatawan Muslim adalah sajadah. Saat bepergian atau mengunjungi lokasi selama waktu sholat tetapi di masjid tidak tersedia, sajadah pribadi mempermudah menjalankan ibadah kamu.

© Shutterstock

Cocok untuk Healing, Wisata di Pantai Maya Bay

2. Makanan Halal Instan

Ketika kamu mengunjungi negara-negara besar, kamu bisa saja merasakan lapar tiba-tiba. Saat dalam keadaan seperti itu, biasanya kamu bisa langsung membuat makanan yang sudah kamu bawa. Kamu tidak perlu repot mencari tempat penjual makanan atau bingung mencari makan halal atau tidaknya.

3. Tisu Pembersih

Kamu bisa membawa tisu untuk mempermudah kamu dalam menjaga kebersihan saat kamu bepergian ke negara orang.

Khususnya untuk perjalanan kamu saat tamasya di luar ruangan, tisu sangat nyaman untuk membersihkan sebagian besar kotoran. Kuncinya adalah menjaga kebersihan diri kita sendiri, karena itu adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

4. Selendang

Kebutuhan yang kamu bawa adalah selendang, kamu bisa dengan cepat dan mudah menggunakannya untuk melindungi kulit tubuh dari sinar matahari atau sekadar menghangatkan tubuh saat cuaca menjadi dingin.

© Shutterstock

Selain itu, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan sebagai sajadah sementara.

Jika kamu tidak mengenakan jilbab dapat dengan mudah untuk menutupi kepalamu saat pergi ke masjid atau kuil. Sajadah bisa jadi senjata yang dapat digunakan, terlebih sajadah dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

5. Sabun

Saat bepergian, kamu mungkin khawatir akan kebersihan peralatan atau gelas yang disediakan sebelumnya di flat atau kamar hotel Airbnb. Kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun batangan atau cair milik pribadi.

© Shutterstock

Sabun ini menawarkan pengganti praktis bagi pengunjung muslim yang akan bersih-bersih tubuh setelah beraktivitas seharian di ruangan terbuka.

Jadi itulah beberapa barang yang bisa kamu bawa untuk bepergian terutama buat wisatawan Muslim. Kamu juga harus mempersiapkan dengan baik untuk perjalanan yang nyaman.

Sumber: Halaltimes.com,

Laporan: Rena Safira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *