Travel  

Ini Satu-satunya Jendela Pesawat yang Boleh Dibuka

radarutama.com – Traveler pasti sudah tahu kalau semua jendela pesawat tidak bisa dibuka. Tapi, ternyata ada satu jendela yang bisa dan boleh dibuka hanya oleh awak pilot.

Christian Baker merupakan seorang pilot Emirates yang telah terbang hampir selama 20 tahun. Dikutip dari The Sun, Baker mengatakan bahwa ada jendela rahasia di dalam pesawat.

“Satu-satunya jendela yang boleh dibuka di pesawat ada di dek penerbangan,” kata Christian.

Jendela ini tidak bisa sembarangan digunakan. Pilot membukanya ketika berada dalam situasi darurat yang membuat mereka harus melarikan diri melalui kokpit.

Selain saat darurat, jendela ini juga diizinkan dibuka pada saat pesawat berada di darat.

“Kami membukanya untuk mendapatkan udara segar saat berada di darat karena tidak ada AC yang tersedia sebelum penerbangan,” dia menjelaskan.

Christian menambahkan bahwa ada kalanya jendela itu dibuka untuk menarik perhatian staf darat saat mereka tidak terhubung ke headset.

Jendela ini dibersihkan langsung oleh para teknisi. Tak boleh sembarangan, pengerjaannya harus menggunakan peralatan keselamatan khusus.

Christian juga mengungkapkan bahwa mereka menyalakan tanda sabuk pengaman bahkan ketika tidak ada turbulensi.

“Alasannya adalah kami sering menerima informasi dari pesawat lain di rute yang sama yang melaporkan cuaca bergejolak di depan, dan kami memiliki radar cuaca canggih yang menunjukkan potensi turbulensi,” ujar Christian.

“Jadi demi keselamatan penumpang, tanda sabuk pengaman dinyalakan sebagai antisipasi,” kata dia lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *