Travel  

Itaewon, Kawasan Elit Saksi Halloween yang Mencekam di Korsel

radarutama.com – Sebanyak 151 orang tewas karena berdesak-desakan setelah berjuang dikeramaian perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan. Malam yang seharusnya meriah berubah menjadi duka cita.

Korea Selatan menjadi sorotan di perayaaan Halloween setelah viralnya kerumunan lautan manusia di kawasan Itaewon yang berujung meninggalnya para pengunjung di Sabtu malam (29/10/2022). Kabar terakhir, sebanyak 151 orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka. Bahkan ratusan kabar orang hilang menggema di Seoul.

Itaewon bisa dibilang pusat hiburan malam terpopuler di Korea Selatan. Kawasan di sini berbentuk gang-gang kecil yang dipenuhi oleh bar, restoran, kafe tempat belanja hingga klub malam. Kawasan ini nomor tiga termahal di Seoul.

Semenjak adanya drama Itaewon Class, kawasan Itaewon semakin populer dikalangan wisatawan. Lebih 2.000 toko berjejer memamerkan beragam daya tarik yang menjadi buruan para turis.

Di sini pun ramai dikunjungi ekspatriat karena kedekatannya dengan Pangkalan Militer AS Yongsan Garrison di barat. Jadi banyak bule-bule dari berbagai negara Amerika dan Eropa nongkrong di sini. Dan kawasan Itaewon juga memiliki banyak restoran asing.

Selain menjadi destinasi kuliner dan belanja, Itaewon juga memiliki Leeum, Samsung Museum of Art dan Masjid Itaewon. Nah, fakta menariknya adalah Itaewon merupakan pusat Muslim Korea Selatan lho.

Di Itaewon terdapat masjid megah yang terdiri dari tiga lantai yaitu Masjid Raya Seoul yang dibuka pada tahun 1976. Masjid ini berada di Hannam-dong, Distrik Yongsan. Jadi di sekitar masjid menjadi rumah bagi umat Muslim pendatang maupun Korea Selatan. Tentu saja banyak restoran Halal yang bisa ditemukan di sekitar sini.

Itaewon pun menjadi daerah unik tersendiri karena keberagamannya. Sering orang bilang, Itaweon bukan di Korea Selatan karena keberagaman orang di dalamnya.

Sebagai pusat hiburan malam, kaula muda selalu mendatangi kawasan ini di setiap momen penting seperti Halloween. Namun siapa sangka, Halloween tahun ini menjadi mencekam karena banyak orang meninggal karena berdesakan melawan arus manusia.

Jika traveler perhatikan di dunia maya, beredar video dan foto bagaimana orang-orang memadati Itaewon di perayaan Halloween. Saking ramainya, tak ada celah untuk orang bergerak hingga terjadilah dorong-dorongan demi keluar dari padatnya manusia.

Tragisnya, lebih dari seratus orang meninggal karena gagal jantung hingga kehabisan nafas karena terjepit di keramaian. Kejadian ini terjadi di gang sempit yang berada di sebelah landmark Hotel Hamilton. Gang sempit yang sedikit menanjak ini menjadi titik temu tamu hotel dan kerumuman dari pintu keluar 1 dan 2 stasiun kereta bawah tanah Itaewon.

Korban terus berjatuhan, kabar orang hilang terus bertambah membuat Halloween di Itaewon menjadi mencekam.

Ikut berduka cita….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *