radarutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun, Kamis (08/09/2022) sore waktu setempat di Kastil Balmoral , Aberdeenshire, Skotlandia.

“Sang Ratu meninggal dunia dengan damai di (kastil) Balmoral sore ini,” demikian ungkap pernyataan resmi Istana Buckingham, seperti dikutip dari , Jumat (09/09/2022).

Putra sulung mendiang Ratu Elizabeth , Pangeran Charles kini menjadi raja, dengan Camilla Duchess of Cornwall sebagai permaisuri.

Bendera di gedung-gedung terkenal di Inggris pun diturunkan sebagai tanda resmi diumumkannya periode berkabung.

Adapun kondisi kesehatan ratu yang menduduki takhta kerajaan selama tujuh dekade itu memang menjadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari , keempat anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran William berkumpul di Kastil Balmoral ketika tim dokter menyampaikan kekhwatiran mereka tentang kesehatan Ratu.

Kastil Balmoral tempat favorit Ratu Elizabeth II

Kastil Balmoral, yang menjadi tempat Sang Ratu Inggris mengembuskan napas terakhir, dikatakan sebagai salah satu tempat favoritnya.

Dikutip dari , perkebunan seluas 20.000 hektar itu dibeli oleh kakek buyut Ratu, Pangeran Albert, pada 1852.

Kemudian, Keluarga Windsors kerap menggunakannya sebagai rumah musim panas. Ratu pun tinggal di sana hampir setiap tahun selama Agustus hingga Oktober, sepanjang hidupnya.

Kemegahan Balmoral mungkin memberikan kesan yang begitu kuat bagi mereka yang pertama kali berkunjung.

Tempat itu punya menara, 52 kamar tidur, koridor yang dingin, permadani tartan, hingga dinding yang dipasangi kepala hewan bertanduk.

Selama beberapa dekade, perdana menteri Inggris wajib setahun sekali mampir ke Balmoral untuk berakhir pekan. Namun, tak semuanya menyukai tempat itu.

Margareth Tatcher, misalnya, menganggap perkebunan itu seperti api penyucian. Sementara John Major merasa bagpipe yang dimainkan setiap pagi di sana dan membuatnya begitu frustrasi, terutama saat sedang berusaha menelepon para pemimpin dunia lainnya.

Sedangkan tony Blair pernah menggambarkan kunjungan tahunan ke Balmoral sebagai kombinasi situasi yang menarik, surealis, dan benar-benar aneh.

Namun bagi Ratu Elizabeth II, Kastil Balmoral bisa dikatakan sebagai tempat penuh kenangan bagi Ratu.

Ia biasa berlarian di kebunnya, menangkap ikan salmon, dan mengejar rusa. Di sana pula romansanya dengan Pangeran Philipp berkembang.

Setelah menikah dan memiliki cucu, Kastil Balmoral kerap jadi tempat untuk menghabiskan akhir pekan yang ramai.

“Saya kira, Balmoral adalah tempat yang sangat dinanti-nantikan,” katanya pada 1992, seperti dikutip ABC.

“Cukup menyenangkan berhibernasi ketika menjalani kehidupan yang bergerak seperti itu. Bisa tidur di tempat tidur yang sama selama enam minggu, itu adalah perubahan yang menyenangkan.”

Balmoral begitu spesial di hati Ratu Elizabeth II dan menjadi tempat dirinya mengembuskan napas terakhir hari ini.