radarutama.com – rong>:

Di kapel itulah makam kedua orangtua Ratu Elizabeth II berada. Begitu pula dengan jenazah adiknya, Putri Margaret yang dipindahkan dua bulan setelah kematiannya pada Februari 2002.

Dilaporkan, pihak kerajaan juga berencana memindahkan makam suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip yang sebelumnya berada di Royal Vault, Kapel St. George ke kapel ini agar bersebelahan dengan istrinya.

Adapun Kapel Memorial King George VI adalah bagian dari Kapel St. George yang dinamai menurut nama ayah sang ratu, Raja George VI dan dibangun tahun 1969.

Kapel St. George di Kastel Windsor sempat menjadi sorotan dengan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 19 Mei 2018 dan prosesi pemakaman Pangeran Philip pada 17 April 2021 silam.

Mereka yang dimakampan di Kapel St. george

Mengutip , Kamis (13/5/2021), tercatat total ada 10 raja yang dimakamkan di berbagai kubah berbeda Kapel St. George.

Termasuk makam Raja Henry VIII bersama istri ketiganya Jane Seymour, makam Raja Charles I. Kemudian makam kakek dan nenek sang ratu, Raja George V dan Ratu Mary.

Selanjutnya ada makam kedua orangtuanya, Raja George VI dan Ratu Elizabeth, makam Ibu Suri, makam sang adik, serta Putri Margaret.

Di antara semuanya, ada kubah yang paling penting, milik Raja Edward IV, pendiri Kapel St. George tahun 1475.

Menariknya, ia juga dimakamkan bersama ratunya, Elizabeth Woodville, yang merupakan orang biasa pertama yang menikah dengan keluarga kerajaan.

Di seberang makam Raja Edward IV, terdapat makam musuhnya yakni Raja Henry VI yang meninggal di Menara London pada 1471 atas perintah Edward IV.

Kemudian, tepat di sebelah makam Raja Henry VI adalah makam dari kakek buyut sang ratu, yakni Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.

Sebagai informasi, kapel ini bisa dikunjungi oleh umum dan tersedia pula para petugas dengan seragam berwarna merah yang siap menjawab pertanyaan pengunjung.