Travel  

Uniknya Festival Cahaya Diperayaan Diwali India

radarutama.com – India menjadi salah satu negara dengan wisata budaya yang begitu populer di dunia. Mulai dari indahnya tarian dan musik khas India ini menjadi hiburan paling populer dikalangan ibu-ibu nusantara. Selain itu terntara terdapat perayaan indah dan digadang-gadang paling penting di India, namanya Perayaan Diwalidengan sebutan lain sebagai festival cahaya.

Perayaan ini di adakan setiap setahun sekali dengan tema tak jauh dari cahaya diatas kegelapan. Nah, berikut fakta unik dari perayaan Diwali yang sangat syahdu.

Perayaan Paling Vital di India

Perayaan Diwali merupakan salah satu perayaan keagamaan paling penting di India. Festival ini biasa dilakukan oleh ketiga agama yakni Hindu, Jain, dan Sikh dari agama yang dianut di negara India. Perayaan Diwali menjadi salah satu simbol kemenangan yang diraih diatas keburukan. Dimana dalam ceritanya ketika Dewa Rama berhasil kembali dengan sang kekasih sebagai istrinya Sita dan adiknya bernama Laksamana ke kediamannya di Ayodhya.

Perayaan Berlangsung Selama 5 Hari

Perayaan ini akan digelar hingga lima hari berturut-turut sesuai dengan kalender Hindu tepat di bulan Aswaja. Festival ini biasa digelar masyarakat India pada bulan Oktober atau Novemebr. Berbagai persiapan biasanya dilakukan oleh masyarakat India sejak jauh-jauh hari sebelum hari H berlangsung

Tradisi Festival Berbeda disetiap Harinya

Perayaan Diwali India ini bakal menggelar acara festival yang berbeda disetiap harinya. Lima hari berturut turut ini kamu bakal menyaksikan lima festival yang berbeda pula. Dimana hari pertama digelar dengan festival Deepavali atau biasa disebut dengan Dhanteras. Hari kedua merayaakn perayaan Chhoti Diwali yang biasa masyarakat India sebut dengan Naraka Chaturdashi.

Hari ketiga perayaan Diwali ini menggelar doa bersama dengan menyembah Dewi Lakshmi dan Dewa Ganesha dalam nama Amavasya. Dilanjutkan hari ke empat dimana orang-orang India melakukan pemujaan terhadap Govardhan. Dan hari terkahir digelar acara Bhai Dooj sebagai bentuk perayaan ikatan antar saudara dan saudari

Pakaian Baru dan Berbagi Permen

Perayaan Diwali di India pastinya disambut dengan pakain baru hingga berbagi permen disemua kalangan. Hal unik lainnya dapat kamu nikmati adalah pesta kembang api. Di India bagian Utara, banyak masyarakat yang menggelar Diwali diawali dengan periode awal bulan.

Perayaan Lampu hingga Lampion

Festival lampu dan lampin merupakan bagian utama dari perayaan Diwali. Ketika Perayaan Diwali ini membuat penjuru kota di seluruh belahan India menjadi terang benderang dipenuhi lampu pada malam hari. Baik itu lampu listrik, lilin, hingga lampion yang menghiasi langit malam hari.

Banyak diantara lampu-lampu minyak yang biasa dilakukan di daerah pedesaan terbuat dari tanah liat, sehingga tampak unik. Kembang api juga turut memeriahkan malam hari ketika perayaan Diwali hingga seluruh bagian negara India.

Perayaan Diwali Menjadi Hari Libur Nasional

Perayaan Diwali telah dilakukan secara turun temurun oleh orang-orang asli keturunan India diseluruh belahan dunia. Hingga jatuhnya perayaan ini menjadi hari libur nasional bagi mereka. Ada sedikitnya 11 negara yang tiap tahun merayakan peryaan Diwali. Diantaranya adalah, Fiji, Guyana, Malaysia, Mauritius, Myanmar, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Suriname, dan Tobago.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *